Kab. Bogor

Puskesmas Cangkurawok Berdayakan Kader Kesehatan Cegah Hipertensi Melalui Inovasi Daya Chinta

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Puskesmas Cangkurawok,  Kecamatan Dramaga terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satunya dalam menurunkan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) yaitu hipertensi yang dapat menyebabkan kematian. Hasil analisa PIS-PK puskesmas Cangkurawok tahun 2018-2019 menunjukkan cakupan angka terpantau dan terkendalinya tekanan darah masyarakat yang memiliki Penyakit Tidak Menular (PTM) hipertensi masih rendah. Oleh karena itu, Puskesmas Cangkurawok menghadirkan inovasi Daya Chinta (Pemberdayaan Masyarakat Cegah Hipertensi Kita) yang akan diimplementasikan di wilayah kerja Puskesmas Cangkurawok.

“Daya Chinta merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pemeriksaan tekanan darah bagi penderita hipertensi yang memiliki keterbatasan untuk kontak rutin ke fasilitas kesehatan berupa kunjungan rumah oleh kader satgas hipertensi, distribusi obat hipertensi, penyuluhan tentang hipertensi serta motivasi untuk memiliki tanaman obat keluarga di halaman masing-masing sasaran,”ujar dr. Deasy Wirnanda, Kepala Puskesmas Cangkurawok dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Kader kesehatan dipilih sebagai fasilitator inovasi Daya Chinta karena kader adalah pelaku pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. Dipilihnya para kader kesehatan tersebut diharapkan dapat menjalankan perannya secara maksimal untuk meningkatkan cakupan penderita hipertensi yang melakukan kontak rutin ke fasilitas kesehatan dalam upaya menjaga kestabilan tekanan darah.

Kegiatan inovasi Daya Chinta ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu pertemuan persiapan dan sosialisasi, pelaksanaan pemantauan tekanan darah dengan kunjungan rumah dan pertemuan monev satgas hipertensi. Tahapan kegiatan ini dimaksudkan agar inovasi Daya Chinta dapat dilaksanakan dengan optimal dan para kader dapat terpantau secara maksimal oleh Puskesmas Cangkurawok. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top