Kota Bogor

PLN Kembangkan UMKM di Kawasan Agrowisata Jayawangi

BOGOR-KITA.com, SUKABUMI – PLN Peduli memberikan dukungannya untuk mengembangkan UMKM di Kawasan Agromina Wisata Jayawangi melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Kawasan yang terletak di Kabupaten Sukabumi ini memadukan kegiatan pertanian dan perikanan di lahan seluas 32 hektar, dengan produk unggulannya berupa durian, vanili dan ikan arwana.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, dalam menjalankan bisnis ketenagalistrikan, PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat baik pada bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Di tahun 2024 ini ada beberapa UMKM yang kita bina dan kembangkan, salah satunya Kawasan Agromina Wisata Jayawangi. Ini menjadi salah satu wujud komitmen PLN untuk mendukung dan mengawal pertumbuhan UMKM di Indonesia demi tercapainya pondasi ekonomi nasional yang kuat serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan dan berkelanjutan,” terang Tejo Wihardiyono dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (3/7/2024).

Baca juga  IPW Luruskan Pemberitaan soal Pemberian Dua Amplop Ke LPSK Dalam Kasus Ferdy Sambo

Sementara itu, Manager UPT Bogor, Harry Gumilang menyatakan, satu hal yang menjadi pertimbangan utama dipilihnya Agromina Wisata Jayawangi menjadi mitra UMKM yang akan dibina dan dikembangkan PLN adalah terkait potensinya yang menjanjikan.

“Kawasan agromina wisata jayawangi ini memiliki potensi yang beragam, baik dari sisi agro (pertanian) ataupun mina (perikanan) dengan berbagai produk unggulannya. Melalui program ini, kami akan kembangkan dari sisi peningkatan jumlah produksi produk-produk tersebut, diversifikasi produk melalui berbagai pelatihan juga metode pemasarannya agar produk produknya semakin dikenal masyarakat luas,” kata Harry.

Secara simbolis, Harry menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Nurul Amal yang merupakan pengelola Kawasan Agromina Wisata Jauangi, dalam acara Kick Off TJSL yang diselenggarakan di Desa Gunungendut, Kecamatan Kalapanunggal, Kab. Sukabumi.

Baca juga  Aktivis Lingkungan Bersama Masyarakat Upacara Bendera HUT RI ke-78 di Sungai Ciliwung

Ketua KTH Nurul Amal, Ujang Hamdan menyatakan apresiasinya atas dukungan PLN Peduli dalam mengembangkan dan membina UMKM di Indonesia, dimana UMKM Kawasan Agromina Wisata Jayawangi termasuk salah satunya.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PLN Peduli untuk program TJSLnya yang berfokus pada pembinaan dan pengembangan UMKM,” ujar Nurul.

Ia mengungkapkan, bahwa seluruh program yang disusun dan rencanakan bersama tim PLN akan dilaksanakan dalam kurun waktu 6 bulan, mulai Juni ini hingga bulan September nanti.

“Semoga seluruh prosesnya lancar dan hasilnya dapat membawa kebaikan dan keberkahan bagi kemajuan UMKM di Indonesia,” tandasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top