Hasil budidaya salak slebor di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Petani Caringin Kembangkan Salak Slebor Tahan Penyakit

BOGOR-KITA.com – Buah salak dikembangkan di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor. Jika selama ini Kecamatan Megamendung mengembangkan salak Madu Coblong, masyarakat petani di Kecamatan Caringin mengembangkan salak Sleman yang terkenal manisnya.

Pengembangan ini sudah mulai dilakukan beberapa tahun ke belakang. Masyarakat petani Caringin sengaja mengembangkan salak Sleman tapi dibuat sebutan baru yaitu salak Slebor singkatan dari salak Sleman Bogor.

Cukup banyak petani Caringin yang mengembangkan salak Slebor. Salah seorang petani salak slebor adalah  H. Agus. Menurut  Agus pengembangan salak slebor tidak lepas dari permintaan pasar yang tinggi.

“Untuk memenuhi kebutuhan pasar, maka salak asli sleman ini dikembangkanlah di Bogor khususnya di Kecamatan Caringin,” kata Agus.

Dikatakan, budidaya salak seperti ini ternyata tidak mengenal rugi, bahkan salak slebor punya keunggulan tersendiri dari segi ketahanan terhadap penyakit.

“Mungkin karena kondisi cuaca dan tempat tanam di sini memang cocok bagi salak slebor ini, membuat salak ini tidak mudah terkena penyakit,” tandasnya. [] Admin/Pkr

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *