Kota Bogor

Pengurus Baru LIB Ajukan Liga 1 Diputar Kembali Mulai 2 Desember

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Pengurus baru PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengajukan usul bahwa Liga Indonesia 1, 2 dan 3 diputar kembali mulai 2 Desember 2022. Sementara sampai kini pihak Kepolisian belum memberi izin pertandingan usai tragedi Kanjuruhan, Malang yang menekan korban 132 orang.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB, Selasa (15/11/2022) yang dihadiri oleh 17 klub dari 18 klub Liga 1 di Hotel Sultan Jakarta, Ferry Paulus ditunjuk sebagai Direktur Utama, didampingi Nafri Arifuddin dan Irjen (Purn) Sudjarno.

Pada pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali, Jumat (18/11/2022) di Jakarta, Ferry mengungkapkan, pihaknya bergerak cepat agar kompetisi Liga 1 bisa dilanjutkan lagi, setelah diberhentikan sejak 1 Oktober 2022.

Baca juga  Satu Setengah Tahun Tanpa Liga, Pemain Persikabo 1973 Teriak Jam Main

“Kami sudah membuat beberapa simulasi terkait lanjutan Liga 1 meski sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan kompetisi itu bergulir lagi,” ungkap Ferry.

Belum ditentukan pula format Liga 1 apakah kandang-tandang seperti biasa atau kembali ke gelembung (bubble) ,seperti pada musim 2021-2022. “Semua itu bergantung pada lampu hijau dari pemerintah,” tambahnya.

“Dimulainya kembali liga berhubungan dengan beberapa hal termasuk regulasi keamanan stadion, sehingga diperlukan pendalaman serius dan ketat,” tutur Ferry.

Sebelumnya, LIB sempat menyatakan bahwa mereka mempunyai tiga rencana tanggal dilangsungkannya kembali Liga 1 yaitu 18 November, 25 November dan 2 Desember 2022.

Tetapi seiring waktu, LIB lebih condong memilih 2 Desember 2022 sebagai tanggal pelaksanaan kembali Liga 1 Indonesia 2022-2023, dengan catatan semuanya bergantung pada izin dari pemerintah.

Baca juga  Polri Tak Beri Izin Keramaian Liga 1 dan Liga 2, PT LIB Tetap Persiapkan Diri

Sementara Menpora Zainudin Amali mengungkapkan, akan berdiskusi dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo soal pemberian izin keramaian agar Liga 1 Indonesia 2022- 2023 dapat dilanjutkan.

“Saya akan berdiskusi dengan Kapolri karena Polri-lah yang mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian,” ujar Menpora usai pertemuan dengan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Gedung Kemenpora.

Menpora akan membawa hasil pertemuan dengan LIB tersebut saat berbincang dengan Kapolri. [] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top