Kota Bogor

Pemkot Diminta Bertindak Tegas Lindungi Situs Sumur 7

BOGOR-KITA.com – Tim Advokasi Dewan Kesenian dan Kebudayaan (DK3B) Kota Bogor meninjau situs Sumur 7, di mana merupakan salah satu cagar budaya yang belum lama ini menjadi sorotan publik pasca terkena dampak pembangunan proyek sebuah perumahan di kawasan tersebut.

Mewakili tim advokasi, Tri Riki Meinal, menegaskan, bahwa dalam hal ini, pemerintah harus turun tangan untuk melindungi Cagar Budaya tersebut yang saat ini kondisinya tidak lagi utuh akibat kerusakan.

“Saya mungkin dari pihak DK3B, bukan ingin melarang adanya pembangunan ini, tetapi mencoba mencari solusi, bagaimana area yang bersejarah ini kalau diterlantarkan,” ungkap Tri di lokasi, Jumat (21/12/18).

Terkait adanya perusakan situs ini, DK3B Kota Bogor selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, baik pihak Kebudayaan, Pemerintah Kota Bogor, Pemprov Jabar dan Kementrian Kebudayaan Indonesia.

Apalagi, sebelumnya, telah dilakukan pertemuan pihak terkait dengan Pemerintah Kota, bahkan Pemkot menegaskan untuk tidak melanjutkan pembangunan tersebut, tetapi dilihat di lokasi proyek, pengerjaan pembangunan terus berjalan.

“Secara tidak langsung pihak terkait sudah menantang. Pihak Pemkot atau semua yang mempunyai otonom harus menindak tegas terhadap pembangunan ini dan harus bergerak agar cagar budaya peninggalan sejarah ini tetap utuh atau tidak dirusak,”pungkasnya. []  Fadil

Baca juga  Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Bogor Bertambah 1 Menjadi 6
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

58 − 49 =

Terpopuler

To Top