Kota Bogor

Pembebasan Lahan 90 Persen, Proyek BIRR Alami Kemajuan

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pembebasan lahan optimis, proyek Pemkot Bogor yakni pembangunan jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR) mengalami kemajuan.

Hal ini dikemukakan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim Selasa (5/1/20201).

“Saat ini progres proyek BIRR sudah mengalami kemajuan, ada beberapa pengembang yang sudah berkomitmen menghibahkan lahannya, bahkan ada pengembang dan yayasan  yang menyisakan beberapa lahan miliknya,” kata Dedie.

Namun belum tuntas sepenuhnya. “Ada yang sisa PSU dari BNR yang belum ada kejelasan dan kami akan duduk bersama,” ucap Dedie.

Dedie kemudian menyebut nama pengembang yamg mendukung proyek BIRR, meliputi PT. GAP, PT. GNA, Surya Mas, Pakuan Hill dan Montecarlo. Tetapi, katanya, ada juga yang harus dibahas yaitu terkait hibah dari Royal Tajur dan Yayasan Gunung Gadung.

Baca juga  Benninu Targetkan Nasdem Raih 6-7 Kursi di DPRD, Buka Peluang Maju di Pilkada 2024

Menurut Dedie, sudah ada 7,6 kilometer yang sudah diperoleh. Itu berarti BIRR dari

Good Ray, Tajur, Kecamatan Bogor Timur sampai BNR.

“Kalau sampai Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat 11 kilometer. Untuk itu, kita harus duduk bersama dengan PT. MSJ,” jelasnya.

Dedie menerangkan, bahwa sebanyak 90 persen dari kebutuhan BIRR bisa dibilang lahan hibah dan perlu  pembebasan hanya 10 persen lalgi.

Kalau yang 10 persen ini diperoleh maka tantangan besarnya adalah bagaimana pihaknya membangun jembatan di Sungai Cisadane dan Cipinang Gading.

“Kami akan berkomunikasi dengan kementerian menyampaikan tentang jembatan ini. Kalau ada lampu hijau lumayan, bisa jadi jembatan dari pusat,” terangnya.

Baca juga  Pendapatan GoFood Meningkat 20 Kali Lipat

Selain jembatan, lanjut Dedie nantinya juga ada satu fly over yang harus dibuat oleh pemerintah. “Untuk DED sudah ada dari PT. GAP tapi tidak pernah di follow up,” katanya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top