Anak anak bermain dan belajar bersama kelinci di Taman Kelinci Candali Bogor

Peluang Usaha Ternak Kelinci Masih Terbuka

BOGOR-KITA.com –  Kabupaten Bogor mempunyai banyak wilayah yang cocok untuk memelihara kelinci. Banyaknya jenis kelinci, menjadikannya sebagai hewan hias juga sebagai bahan konsumsi. Besarnya permintaan pasar di dalam Kabupaten Bogor maupun di luar Kabupaten Bogor membuat beternak kelinci menjadi salah satu mata pencaharian yang menjanjikan.

Salah satu peternak kelinci di Desa Candali , Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor Dentiara menuturkan kebutuhan pasar di Bogor dan Jakarta sangat tinggi namun produksi dari peternak masih rendah.

“Sejauh ini peminat pasar sangat tinggi namun masih minimnya pasokan kelinci dikarenakan masih sedikitnya masyarakat yang beternak kelinci , adapun warga yang beternak masih menggunakan cara tradisional. Untuk itu perlu adanya kolaborasi antara  masyarakat atau komunitas petani kelinci dengan pemerintah Kabupaten Bogor agar semakin banyaknya minat beternak kelinci yang mempunyai kualitas yang baik dan terpenuhinya kebutuhan akan kelinci,” terang Denti kepada BOGOR-KITA.com, Senin (9/9/2019).

Menurutnya selain sebagai hewan peliharanaan, hewan mungil berkuping panjang ini bisa menjadi teman bermain dan belajar.  

“Bermain bersama kelinci bisa membentuk karakter anak agar lebih peka, penyayang, dan toleran,” katanya.

Menurutnya pasar hewan di Jakarta seperti di Pramuka dan Jatinegara disana pun banyak kelinci yang berasal dari daerah di Jawa Barat seperti  Bandung dan Cianjur.

“Jadi berternak kelinci bisa menjadi salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Bogor, karena jumlah pasarnya yang masih besar,” tukasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *