Wabup Bogor, Iwan Setiawan saat melepas calon jamaah haji kloter 17 Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (11/7/2019). Tahun 2020 ini Pemerintah Indonesia memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji karena corona.

Malaysia, Brunei, Afsel Ikuti Indonesia, Tak Berangkatkan Jemaah Haji

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Musim haji tahun ini dijadwalkan berlangsung antara 28 Juli sampai 2 Agustus. ┬áSeperti Indonesia, Pemerintah Malaysia, Brunei Darussalam dan Afrika Selatan (Afsel), juga memutuskan tidak memberangkatkan jemaah hajinya untuk musim haji 1441 H atau 2020 Masehi, sehubungan dengan adanya pandemi virus corona (Covid-19).

Soal haji ini, beredar sejumlah informasi bahwa Arab Saudi akan membuka lagi musim haji tahun 2020.

Namun, dilansir dari news24.com, brbasis di Afrika Selatan, memberitakan bahwa pemerintah Arab Saudi sampai Sabtu (13/6/2020), belum memutuskan apakah akan membuka atau menutup musim haji 2020, karena serangan virus corona di manca negara dan dalam negeri masih begitu masif. Arab sejauh ini hanya membuka jemaah haji umroh untuk lokal atau hanya untuk warga negaranya.

Lembaga Tabung Haji (TH) Malaysia menangguhkan semua urusan berkaitan operasional haji bagi musim haji 1441 H/2020 M, sejalan dengan keputusan Pemerintah Malaysia untuk tidak mengantar jemaah haji ke Tanah Suci karena faktor keselamatan dan kesehatan.

Keputusan tersebut dibuat setelah Menteri Di Jabatan Perdana Menteri (Hal Ihwal Agama), Senator Datuk Dr. Zulkifli Mohamad Al-Bakri, Kamis (11/6/2020), mengumumkan keputusan Malaysia untuk menangguhkan pengantaran jemaah haji dari Malaysia ke tanah suci menyusul penularan wabah virus Corona yang melanda dunia termasuk di Arab Saudi.

Baca juga  Ciptakan Makanan untuk Penderita Luka Bakar, Guru Besar IPB Raih Medali di Malaysia

Sementara Direktur Eksekutif Tabung Haji Malaysia, Datuk Nik Mohd Hasyudeen Yusoff mengatakan keputusan Pemerintah Malaysia untuk menangguhkan keberangkatan sekitar 31.600 jemaah haji Malaysia ke Tanah Suci pada tahun ini, menunjukkan keprihatinan pemerintah dalam mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat.

“Berdasarkan penutupan perbatasan kami, pembatasan perjalanan internasional dan masalah yang berkaitan dengan Covid-19, dengan menyesal kami informasikan kepada jemaah haji yang terakreditasi Afrika Selatan bahwa kami tidak akan dapat memberangkatkan haji 1441/2020,” demikian salah satu keputusan Lembaga Haji Afrika Selatan (SAHC). [] Anto



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *