Putri Gayatri

Mahasiswa IPB Dapat Gelar Duta Inspirasi GenRe dari Pemkot Bogor

BOGOR-KITA.com – Putri Gayatri, Mahasiswa Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil mendapat gelar sebagai Duta Inspiratif GenRe tahun 2019. Penghargaan tersebut ia peroleh dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor. 

Gadis yang kerap disapa dengan Putri itu memiliki kepedulian terhadap remaja dan anak-anak semenjak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). 

“Sejak SMA saya sudah aktif menjabat sebagai Koordinator Divisi Forum Anak Daerah Kabupaten Bandung. Saya juga pernah menjadi Ketua PIK-Remaja di sekolah,” tutur Putri dalam siaran pers yang diterima BOGOR-KITA.com, Senin (6/5/2019). 

Ia mengaku, selama duduk di bangku SMA, ia telah berhasil membuat inovasi khusus di bidang pemenuhan hak anak. Inovasi tersebut adalah sekolah inklusi anak dan Ojera (Ojek Ramah Anak). 

Terkait permasalahan yang terjadi pada remaja saat ini, putri ke tiga dari tiga bersaudara itu merasa terpanggil untuk ikut serta mengambil tindakan mengatasi masalah tersebut. Permasalahan remaja yang ia maksud seperti free sex, penggunaan narkoba dan obat terlarang, serta pernikahan dini.
“Karena saya sejak SMA sudah mengabil peran sebagai Ketua PIK-Remaja, maka saya menjadi bagian dari puluhan juta anak muda yang secara langsung bertanggung jawab untuk turut ambil tindakan dalam permasalahan ini,” tambah Putri. 
 

Karena kepeduliannya itu, mahasiswi asal Bandung tersebut berkesempatan menjadi Child Delegates for UN General Assembly di New York tahun 2015. Ia juga berkesempatan menjadi Youth Delegates for Annual Meeting IMF di Nusa Dua, Bali tahun 2018 untuk menyuarakan isu stunting dan pernikahan usia anak.  

Untuk melanjutkan kegemarannya dalam isu-isu sosial, Putri saat ini tergabung dalam Komunitas Female in Action dan IPB Outstanding Students College. Ia juga pernah ikut serta dalam Forum Anak Nasional pada tahun 2017 dan pernah menjadi Relawan Pendidikan MRI Kabupaten Bandung tahun 2018. 

Meskipun disibukkan dengan aktivitas sosial, Putri tidak menyia-nyiakan waktunya untuk tidak berprestasi. Sampai saat ini ia telah menorehkan prestasi sebagai Juara 3 LKTIN Vosico di Universitas Negeri Malang tahun 2019, Juara 1 Pemuda Pelopor Kabupaten Bandung tahun 2018, dan dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekologi Manusia tahun 2019. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *