Nasional

LKC Dompet Dhuafa Jakarta Luncurkan Kawasan Sehat di RW 013 Kelurahan Pejagalan

BOGOR-KITA.com, JAKARTA- Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jakarta menggelar Launching Program Kawasan Sehat di RW 013, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (29/5/2024).

Acara yang diselenggarakan dengan khidmat dan penuh semangat ini diresmikan oleh Camat Penjaringan, Darmawan, ditandai dengan pemberian booster nutrisi secara simbolis kepada perwakilan dari sasaran program (ibu hamil, balita dan pasien TBC) serta calon penerima manfaat pembuatan jamban sehat sebagai sasaran pada indikator sanitasi lingkungan yang baik. Program Kawasan Sehat RW 013 secara simbolis diresmikan dengan prosesi pemotongan pita dan penandatanganan papan komitmen oleh seluruh stakeholder dan seluruh pihak terkait.

Baca juga  Amalan Internasional Puji Pengelolaan Wakaf Produktif Dompet Dhuafa

“LKC sebagai fasilitator program kawasan sehat rencananya akan mendampingi RW 013 maksimal dalam kurun waktu 3 tahun dan akan dilakukan evaluasi setiap tahunnya” ucap Iwan Ridwan selaku sekertaris Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa dalam sambutannya. Darmawan selaku camat kecamatan Penjaringan pun mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini dengan menggerakkan seluruh stakeholder terkait baik pada Tingkat kecamatan maupun pada Tingkat kelurahan.

Turut hadir dalam acara, Puskesmas Kecamatan Penjaringan, tim kelurahan Pejagalan, Tim Puskesmas Pembantu Kelurahan Pejagalan, Kepala Divisi Pendanaan dan Program kemitraan Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Sekretaris Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Tokoh Agama, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), jajaran Perangkat RW 013, seluruh ketua RT dan Kader Kesehatan, serta diikuti oleh masyarakat yang akan menjadi sasaran program Kawasan Sehat.

Baca juga  Kini, Bayar Apa Saja Bisa Melalui Warung Bukalapak

Program Kawasan Sehat sendiri merupakan upaya membangun pola hidup sehat di suatu kawasan dengan mengedepankan konsep pemberdayaan kesehatan berdasarkan 7 indikator yaitu kesehatan ibu dan anak, eliminasi stunting, pengelolaan Penyakit Tidak Menular (PTM), pengelolaan Tuberkulosis (TBC), lingkungan hijau produktif, sanitasi yang baik, dan sehat mental spiritual.

Secara garis besar, program Kawasan Sehat diharapkan mampu merubah dan mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam upaya pencegahan penyakit dengan melakukan pengelolaan, penjaringan kasus, membangun kesadaran melalui pendampingan, pemantauan, pemberian akses informasi kesehatan dengan meningkatkan kegiatan dalam komunitas masyarakat.

“Kami warga RW 013 menyambut baik program kesehatan dari LKC Dompet Dhuafa Jakarta. Harapannya akan terjalin Kerjasama yang baik diantara kita dalam meningkatkan kesehatan dan pola hidup bersih di wilayah RW 013 “ Ucap Yono selaku ketua RW 013 Kelurahan Pejagalan.

Baca juga  Diminta Lockdown, Presiden Jokowi Tetap Pilih Kebijakan PPKM Mikro

Sejalan dengan Sustainable Development Goals, LKC Dompet Dhuafa akan terus mewujudkan pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan yang berkualitas dan berkesinambungan, serta berdampak pada kemandirian masyarakat yang berkelanjutan melalui kerjasama berbagai pihak.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top