Kwaran Pramuka Bogor Selatan Gelar KMD

Kwaran Pramuka Bogor Selatan Gelar KMD

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 60 guru dari SD hingga SMA se-Kecamatan Bogor Selatan ikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka yang digelar Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kota Bogor. Acara berlangsung di SD Negeri Bondongan Bogor, Jumat (26/8/2016). Jumlah peserta tersebut terdiri dari 53 guru SD, 4 SMP, 2 SMA dan 1 SMK.
Menurut Ketua Kwaran Bogor Selatan Kambaruddin, KMD ini merupakan program Kwarcab yang pelaksanaanya diserahkan kepada masing-masing Kwaran. Hal ini sesuai dengan Permen 63 tahun 2014 yang menyatakan bahwa kemampuan guru dalam penerapan kepramukaan minimal harus memiliki sertifikat KMD. “Oleh karena itu kami Kwaran Bogor Selatan menyelenggarakan kegiatan KMD ini,” ujar Kambaruddin.
Kambaruddin menjelaskan pelaksanaan KMD berlangsung selama 6 hari yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu sesi indoor berlangsung tanggal 26, 27 dan 28 Agustus 2016 di SD Bondongan. Untuk sesi kedua yaitu sesi outdoor berlangsung tanggal 2, 3 dan 4 September 2016 di Megamendung.
Kambaruddin menambahkan, sebelum dilaksanakan KMD peserta harus mengikuti dua tahap tes. Tes ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kedalaman peserta. Hasil dari tes ini selanjutnya akan dibandingkan dengan tes terakhir yang dilakukan di akhir KMD. “Dari sini akan diketahui perbedaannya, apakah peserta bisa menyerap materi yang diberikan atau belum,” ujar Kambaruddin. [] Admin

Baca juga  Spontan, Jenal Mutaqien Keliling Gedung DPRD Galang Bantuan Bagi Korban Bencana


Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *