Kota Bogor

Kunci Kesuksesan adalah Karakter dan Kompetensi

BOGOR-KITA.com – Saat menjadi pemimpin apel pagi di Aula SMK Negeri 4 Kota Bogor, Senin (28/11/2016) pagi, Wali Kota Bogor Bima Arya menyampaikan ada dua hal yang dapat menentukan kesuksesan seseorang. Keduanya adalah karakter dan kompetensi atau skill. Sebagai generasi muda, Bima mengingatkan siswa SMK 4 harus memiliki skill atau kompetensi agar dapat memenangi kompetisi dan menghadapi tantangan yang ada.
Bima berpesan, agar skill yang dimiliki jangan yang bersifat general atau umum. “Tapi juga kompetensi spesialis agar kalian benar-benar paham dan fokus,” ingat Bima.
Skill yang bersifat spesialis, lanjut Bima, jika didalami secara benar mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dunia itu tidak selebar daun kelor, ingat Bima. Jadi dengan kemampuan kompetensi yang bersifat spesialis, akan tersediajutaan peluang dan kesempatan yang tersebar dimana-mana.
“Jika kalian fokus, insya Allah masa depan ada digenggaman kalian,” ujar Bima yang kagum dengan usaha keras para siswa SMKN 4 Kota Bogor karena harus turun naik angkot berganti kendaraan ditambah berjalan kaki untuk sampai ke sekolah.
Selain skill atau kompetensi yang disampaikan Bima, faktor lain yang turut memberikan kesuksesan bagi seseorang adalah karakter. Karakter yang dimaksud adalah memiliki fighting spirit, punya motivasi dan keyakinan, tujuan, cita-cita, semangat, punya keikhlasan dan siap all out. Disamping pantang menyerah dan sabar dalam berikhtiar atau berusaha.
Dalam kesempatan itu, Bima mengingatkan, diantara keduanya, karakter memiliki peran yang signifikan dalam kesuksesan seseorang. Sekitar 70 % karakter memiliki peran bagi kesuksesan seseorang setelah itu kompetensi. “Kesimpulan saya, yang waktu SMA atau kuliahnya pintar belum tentu sukses jika tidak punya karakter dimana orangnya malas, tidak disiplin atau tidak sabaran maka orang tersebut tidak akan sukses. Tetapi sebaliknya, ada yang nilai raport dan prestasinya biasa-biasa saja atau IP nya tidak terlalu bagus namun dia memiliki semangat juang tinggi dan luar biasa, Insya Allah bisa sukses,” tegas Bima.
Bima kembali menegaskan, jadi bisa dibayangkan, jika seseorang tidak memiliki salah satu dari dua faktor tersebut maka akan kalah dalam bersaing. Apalagi jika tidak memiliki keduanya, ditambah lagi bodoh dan malas maka bisa disimpulkan masa depannya akan seperti apa.
“Intinya saya ingin terus memberikan semangat karena hidup itu seperti naik roller coaster, ups and down. Jadi semuanya perlu diberi semangat dan perlu dimotivasi. Hidup itu panjang dan penuh tantangan,” pungkas Bima. [] Admin

Baca juga  Gerakan Ngabogor Membangun Karakter, ‘PR’ Besar Yang Harus Dibangun Bahu-Membahu
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top