Kontes Domba di Kebun Raya Bogor Inisiasi Presiden Jokowi

Kontes Domba di Kebun Raya Bogor Inisiasi Presiden Jokowi

BOGOR-KITA.com – Ratusan domba dan kambing dari berbagai daerah di Indonesia, Sabtu (27/8/2016) diikutsertakan dalam Kontes Ternak Domba dan Kambing Tahun 2016 di Kebun Raya Bogor. Kontes tersebut merupakan inisiasi Presiden RI Joko Widodo.
Munajat, salah seorang panitia penyelenggara mengutip ucapan Jokowi mengungkapkan, digelarnya kontes hewan ini lantaran domba Garut merupakan simbol kebangkitan ekonomi kerakyatan. Pasalnya perkembangan ternak domba Garut serta industri pengolahannya sangat pesat. “Domba-domba itu memberikan dampak sangat positif bagi kesejahteraan rakyat. Di sisi lain, karena keberadaan domba Garut tidak terlepas dari unsur kebudayaan masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.
Jadi, lanjut Munajat, domba Garut bukan hanya sekadar komoditas peternakan dan industri, melainkan juga sebuah gambaran budaya rakyat. Apalagi, sambungnya, domba-domba Garut ini seringkali difestivalkan. “Kali ini pesertanya masih dominan dari Jawa Barat dan yang lain dari Jakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta,” paparnya. Total ternak yang dikonteskan mencapai 740 peserta dan di samping kontes juga diselenggarakan pementasan kambing perah dan domba catwalk.
Selain Presiden Jokowi, turut hadir Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Walikota Bogor Bima Arya bersama sejumlah unsur pimpinan Muspida lainnya.[] Admin

Baca juga  DK3B-PHRI Kota Bogor Jalin Kerja Sama


Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *