Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau uji coba sistem 2:1 di kawasan Puncak, Bogor, Minggu (27/10/2019).

Konsep Baru Uji Coba Kanalisasi 7 Desember di Puncak: Pagi One Way, Siang 2:1

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Polres Bogor pastikan uji coba kanalisasi 2:1 kembali dilakukan di jalur Puncak, Bogor pada Sabtu 7 Desember 2019 mendatang.

Kepastian ini diperoleh setelah Satuan lalu lintas Polres Bogor menggelar rapat analisa dan evaluasi  forum lalu lintas angkutan jalan serta rapat lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, di Aula Nurul Affandi Polres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dalam siaran pers Humas Polres Bogor yang diterima BOGOR-KITA.com, Selasa (3/12/2019) disebutkan, rangkaian persiapan pelaksanaan uji coba dimulai dari pukul 06.30 WIB diawali apel kesiapan pengamanan, penempatan traffic cone dilakukan siang hari.

Kemudian pada pukul 07.00 WIB dilakukan penutupan arus kendaraan dari arah atas (Cianjur) ke bawah di titik pending pangasoan, kemudian Pukul 12.00 WIB penormalan arus kendaraan, pemasangan traffic cone, dan uji coba system 2-1 hingga pukul 16.00 WIB.

Uji coba kali ini diwarnai konsep baru. Pada uji coba 27 Nopember lalu, kanalisasi 2:1 dilaksanakan secara penuh, di mana kanalisasi berlaku dari padi sampai sore, walaupun ketika itu gagal dilakukan secara penuh karena jelang sore kembali diberlakukan one way. 

Uji coba pada 7 Desember 2019 nanti, konsepnya baru, di mana pagi hari sampai siang tetap one way, sementara siang sampai sore diberlakukan kanalisasi 2:1.

“Yang menjadi pembeda dengan uji coba sebelumnya adalah, kita tetap memberlakukan one way di pagi hari, karena memang arus kendaraan yang naik di hari Sabtu pagi itu lebih banyak. Namun, di siang hari arus kendaraan yang turun tidak sebanyak hari Minggu, sehingga akan kita uji coba 2-1. Tujuannya adalah agar tidak ada kendaraan yang tertahan dari Jagorawi untuk mengakses Puncak” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli.

Fadli menekankan, bahwa di pagi hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB berlaku one way naik, kemudian pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB  berlaku program 2-1, di mana 2 lajur turun, 1 lajur naik, dan persimpangan-persimpangan akan direkayasa untuk mengurangi crossing atau perpotongan. [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *