Berita Foto

Kebun Raya Cibodas: Solusi Liburan Murah Dekat Jakarta

BOGOR-KITA.com, CIBODAS – Ketika kita mencari tempat tenang biasanya diidentikkan dengan suasana hijau yang membentang luas. Karena menurut penelitian warna hijau memiliki arti ketenangan. Warna hijau memiliki manfaat positif bagi kita, misalnya memberi keseimbangan emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, membawa kedamaian dan ketenangan pikiran.

Melihat hamparan hijaunya bukit, Kebun Raya Cibodas menjadi jawaban yang tepat untuk kamu yang ingin merefresh diri dari banyaknya kepenatan.  Tak jauh dari Jakarta, Kebun Raya Cibodas berlokasi di Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi tersebut dekat dari Istana Presiden Cipanas Bogor.

Tempat ini menjadi salah satu tempat idaman untuk berlibur karena memiliki berbagai spot wilayah yang luas. Suasananya sangat sejuk apalagi ketika selesai hujan, mata kita bisa dimanjakan ketika melihat ke bagian spot danau besar dengan pantulan cahaya pemandangan gunung dan luasnya hamparan bukit dengan rumput hijau ditambah lagi hiliran angin selepas hujan kecil.

Saya datang ketika cuaca sedang tidak mendukung namun untungnya hujan turun tidak terlalu lama dan langit kembali cerah saat hari itu. Saya datang dari Bogor menggunakan kendaraan bermotor dan menempuh jarak sekitar 50km dan memulai perjalanan jam 7 pagi sampai di lokasi jam 9 dengan waktu 2 jam perjalanan tanpa melewati kemacetan menuju ke lokasi. Waktu yang tepat untuk datang kesana adalah  sekitar jam 9 pagi karena kita masih dapat merasakan sejukya udara pagi hari dan tidak terlalu panas.

Saya memilih untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas melewati pintu 3 karena pintu tersebut tidak jauh dari tempat yang ingin kita hampiri yaitu danau besar. Ketika masuk petugas mengarahkan untuk memarkirkan kendaraan bermotor di dekat gerbang masuk karena ada perubahan peraturan dari biasanya, memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan tujuan mengurangi emisi kendaraan terhadap tumbuhan yang ada di Kebun Raya Cibodas. Sehingga kita harus jalan untuk ke setiap tempat., Namun tidak perlu khawatir karena di sana tersedia juga mobil untuk mengelilingi kebun raya dengan harga Rp. 35.000.

Baca juga  Angkat Berat Kabupaten Bogor Raih 15 Medali Emas Peparda

Untuk memasuki kawasan Kebun Raya Cibodas dikenakan biaya tiket masuk sekira Rp15.500 per orang untuk hari Senin sampai Jumat sementara untuk akhir pekan atau libur nasional Rp25.500 per orang. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau dan tentunya murah meriah.

Selain itu terdapat juga tiket lainnya yang wajib dibayar Ketika kita membawa sepeda yang akan dikenakan biaya sekira Rp15.000  untuk Senin sampai Jumat dan Rp20.000 untuk weekend atau libur nasional.

Serta anda juga akan dimintai tiket parkir sekira Rp5.000 untuk motor dan Rp35.000 untuk mobil. Saya berkunjung ke Kebun Raya Cibodas pada hari kamis karena sedang ingin menikmati ketenangan dan ingin benar-benar menikmati suasana dengan pemandangannya secara puas untuk merefresh dan menenangkan diri. Saya menyarankan untuk berkunjung pada hari-hari biasa karena  kondisi pengunjung yang lebih sedikit dibanding hari libur.

Kegiatan pertama yang dilakukan saya dan teman-teman adalah jalan menuju kolam besar atau danau yang lumayan jauh jika di tempuh jalan kaki sekitar 300 meter menuju tempat. Setelah sampai saya  menggelar tikar di sekitar sisi danau dan membawa berbagai macam snack. Sejak awal saya dan teman-teman berencana untuk membawa kompor portable dan panci untuk memasak mie namun ketika baru saja mengeluarkan kompor dan memasak air untuk mie, saya dihampiri oleh petugas keamanan di sekitar tempat yang memberi teguran bahwa ternyata dilarang membawa alat tersebut ke area Kebun Raya Cibodas. Akhirnya kita tidak jadi memasak dan hanya menghabiskan snack yang telah dibawa.

Hal tersebut bukan menjadi halangan saya dan teman-teman untuk menikmati liburan. Saya mengeluarkan benda baru lagi dari tas untuk mencairkan suasana. Benda tersebut adalah  alat lukis cat air dan kanvas, lalu saya dan teman-teman melukis sambil menyetel playlist lagu yang menenangkan.

Baca juga  Bima Arya Resmikan Operasional RS Lapangan Covid-19 Hasil Kolaborasi IPB dan RS Ummi

Di sana terdapat beberapa fotografer yang menawarkan jasa nya untuk mengambil gambar dengan bayaran yang cukup terjangkau, untuk satu foto di patok dengan harga Rp.10.000 sistemnya adalah kita difoto dengan berbagai macam hasil setelah itu kita bisa memilih hasil yang terbaik namun jika dirasa foto tersebut masih kurang cukup bagus, kita dapat meminta fotografer mengulangi untuk mengambil gambar. Saya dan teman- teman mengambil dua file gambar yang dibandrol dengan harga Rp.20.000. Setelah berfoto saya dan teman – teman memutuskan untuk pindah ke spot yang tidak jauh dari kolam besar yaitu rumput yang membentuk seperti bukit-bukit di teletubies disana juga terdapat beberapa kuda poni yang bisa kita naiki untuk mengelilingi danau atau kolam besar yang dipatok dengan harga Rp50.000.

Pada area Kebun Raya Cibodas yang saya datangi memiliki fasilitas musholla, parkir area, gazebo, beberapa pos penjual makanan seperti ice cream dan burger, serta toilet. Namun toilet di area kawasan kolam besar tersebut menurut saya masih kurang baik dan perlu adanya perbaikan seperti penerangan dan meningkatkan kebersihan nya lagi. untuk toilet lainnya menurut saya cukup bagus dan fasilitas di dalamnya lengkap seperti kaca, westafel, lampu, ember, gayung dan keran. Untuk wisatawan yang pertama kali datang ke Kebun Raya Cibodas tidak perlu khawatir untuk menentukan jalan dari area awal yang di datangi ke area lain. Karena di setiap jalan Kebun Raya Cibodas menyediakan papan petunjuk arah titik lokasi yang dapat terlihat jelas dan informatif.

Baca juga  BPBD Kabupaten Bogor Gelar Forum Pentahelix, Perkuat Mitigasi

Saya dan teman-teman berencana untuk berpindah ke area lain yaitu ke air terjun Ciismun yang berada di sebelah barat pintu masuk 3, air terjun Ciismun memiliki air yang jernih dan terdapat pepohonan yang membuat kawasan tersebut teduh, sejuk dan asri namun dan teman-teman tidak jadi ke area tersebut karena melihat awal cuaca saat kami datang yang kurang baik.

Selain air terjun Ciismun yang menurut saya dan teman-teman menarik dan wajib di hampiri adalah area Taman Sakura yang berada di sebelah timur Curug Cibogo.

Taman Sakura ini memiliki 4 jenis koleksi bunga sakura yaitu prunus cerasoides, prunus arborea (brume) Kalkman, prunus costata (hemsl) Kalkman dan prunus sp. Terdapat jembatan yang menghubungkan taman bunga sakura yang terbagi dua karena adanya aliran sungai. Daya tarik pada taman sakura yaitu pohon sakura, bunga sakura, dan aliran sungai. Untuk wisatawan sebetulnya taman Sakura merupakan spot favorit namun lagi- lagi saya dan teman-teman tidak jadi menjangkaunya karena kami tidak menggunakan kendaraan dan jarak tersebut lumayan jauh untuk dijangkau dengan jalan kaki.

Tidak jadi mendatangi 2 area tersebut tidak membuat saya dan teman-teman gagal untuk menikmati keindahan dari Kebun Raya Cibodas karena saya cukup puas dengan area bukit hijau yang saya datangi. Area kawasan ini tetap membuat saya dan teman-teman menikmati indahnya suasana yang kita lihat dan menghasilkan banyak foto yang bagus. Justru menurut saya untuk wisatawan wajib mendatangi area ini untuk mendapatkan ketenangan suasana dari penatnya pikiran. Untuk menikmati keindahan dari area kawasan Kebun Raya Cibodas dengan harga tiket Rp.15.500 dan menempuh jarak sejauh itu menurut saya cukup worth it karena saya dan teman-teman menciptakan cerita perjalanan yang bermakna, seru, dan pengalaman tak terlupakan. []Alkayla Karuni/Mahasiswa IPB

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top