Kapolda Jabar : Bogor Kota Istimewa

Kapolda Jabar : Bogor Kota Istimewa

BOGOR-KITA.com – Diawali pantun, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan menyampaikan kesannya saat dijamu santap malam jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di ruang Paseban Sri Bima Balaikota Bogor, Selasa (4/4/2017) malam. Menurutnya Kota Bogor adalah satu kota yang sangat spesial dan istimewa.

“Bagi saya Kota Bogor adalah satu kota yang sangat spesial dan istimewa, hal ini dikarenakan Kota Bogor merupakan kawasan Ring 1 setelah Jakarta,” katanya.

Ia juga mengaku memilih Bogor sebagai kunjungan kerja (kunker) pertamanya sejak dilantik sebagai Kapolda Jawa Barat. Keistimewaan yang dimiliki Kota Bogor katanya, karena Istana Bogor dipilih Presiden Joko Widodo sebagai tempat tinggalnya, bahkan sebagai tempat untuk menerima tamu-tamu kenegaraan.

“Jadi secara tidak langsung Kota Bogor sebagai etalase Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, keistimewaan lain Kota Bogor adalah sebagai kota sejarah dan budaya. Ia juga bercerita mengenai sejarah berdirinya Kerajaan yang ada di Tatar Sunda, yakni Kerajaan Pajajaran.

“Lahirnya Kerajaan Pajajaran terjadi bukan karena peperangan, tapi melalui perdamaian. Filosofi Sunda sebagaimana yang ditulis Prabu Wastu Kencana adalah membangun kekuatan dengan kedamaian, kekuatan bisa dibangun dengan damai, membangun kekuatan dengan kerendahan hati. Jadi kita bisa membangun kekuatan dengan kerendahan hati dan tawadhu,” tuturnya.

Dia menilai Kota Bogor adalah kota lingkungan hidup pertama didunia, hal ini didasari adanya pembangunan hutan Samida (hutan lindung) sebagai cikal bakal Kebun Raya Bogor (KRB) sebagaimana tertulis dalam prasasti Batutulis.

“Selain itu dalam sejarahnya di kota Bogor terdapat gugunungan (reboisasi atau penghijauan), telaga warna sebagai penampungan air, parit untuk air mengalir dan yang terakhir adalah jalan dari batu,” ungkap Kapolda Jawa Barat. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *