Kota Bogor

Jamcab Kota Bogor Siap Meriahkan Pesta Pramuka Penggalang

BOGOR-KITA.com – Delapan hari menuju pelaksanaan Jambore Cabang (Jamcab) Kota Bogor ke-6 yang akan digelar pada Selasa (2/10/2019) mendatang di Kampus Borcess, Jalan Bantar Kambing, Kabupaten Bogor, Panitia menggelar rapat di Aula SMK Negeri 3 Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Selasa (24/9/2019).

Rapat yang dihadiri semua panitia dan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat ini membahas beberapa hambatan yang dihadapi panitia.

Ketua Panitia Jambore, Hanifah mengatakan, salah satu hambatan yang dihadapi panitia, yakni ketersediaan air bersih dan toilet mengingat lokasi Jambore ini bukan Bumi Perkemahan. Selain itu panitia juga memikirkan tempat parkir bagi panitia, orangtua peserta yang berkunjung dan tentunya para undangan.

Baca juga  Ahok Hapus APTB, Bima Sumringah, Pelanggan Resah

“Alhamdulillah hambatan tersebut sudah bisa diselesaikan. Ka Kwarcab meminta PDAM untuk menyediakan air bersih, toilet. Serta lahan parkir akan dibicarakan dengan warga sekitar,” ujarnya.

Ia memastikan, saat ini persiapan sudah mencapai 75 persen. Dan esoknya Panitia akan memasang tapak perkemahan untuk peserta. Pesta Pramuka bagi penggalang yang digelar setiap lima tahun ini membuat panitia mempersiapkan acara secara matang. Karena selain konsep yang berbeda, Jambore ini juga akan digelar tiga malam empat hari.

“Diperkirakan ada 3.000 peserta dari Sekolah Se-Kota Bogor dan dua sekolah Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Hanifah menjelaskan, konsep Jambore tahun ini berbeda karena tidak ada lomba sama sekali, sebaliknya Jambore ini murni pesta anak Pramuka Penggalang. Pada Pesta Pramuka ini akan dibentuk seperti Pemerintah. Ada Gubernur, Wali Kota, Camat, Lurah dan lainnya. Konsep ini kemudian dibagi dalam dua kegiatan umum dan khusus.

Baca juga  Kopsurgah KPK Jabar ke Kota Bogor, Ini yang Dibahas

“Kegiatan umum itu, Upacara Bendera dan ada perkenalan Saka. Kegiatan Khusus itu kegiatan Life Skill, seperti memanah, berkuda, belajar sablon, memilah sampah dan peserta diwajibkan membawa Tumbler,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada hari pelaksanaan panitia akan menjual logo maskot Jambore boneka unchal Bogor (Unbo). Sedangkan untuk Maskot, logo dan mars Jambore sudah dilaunching pada Sabtu lalu.

“Saya berharap acara Jambore ini bisa sukses, anak-anak merasakan kegembiraan Pramuka dan masyarakat jadi tahu pramuka itu kental dengan pendidikan akhlak dan Budi pekerti,” ujarnya. [] Humpro Setdakot Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top