Kab. Bogor

Jalan Cicangkal Leuwiranji Rusak Parah, BPD Dan HMR Minta Aparat Tindak Tegas Kendaraan Tambang

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Didi Furqon Firdaus, salah seorang tokoh masyarakat Rumpin ikut memberi kritik tajam soal jalan – jalan utama yang rusak di wilayah Kecamatan Rumpin.

Menurutnya, salah satu penyebab kerusakan jalan adalah banyaknya truk tronton angkutan tambang dengan muatan over kapasitas di biarkan melintas secara bebas.

Dia menegaskan, jalan kabupaten ini hanya memiliki kekuatan 8 ton dan bukan jalan untuk angkutan tambang. Tapi faktanya, jalan ini terus menerus dilintasi tronton yang total beratnya puluhan ton.

“Seharusnya aparat kepolisian atau Dishub bertindak tegas agar para pelanggar itu tidak semaunya. Kan sudah jelas, banyak rambu bahwa jalan ini kekuatannya hanya 8 ton,” cetus Ketua BPD Sukamulya ini, Sabtu (25/5/2024).

Baca juga  Baru Kelar Dibangun, Jembatan Cidangdeur 2 Sudah Rusak

Kritikan tajam juga disampaikan Wildan Muholad, Ketua Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR) yang meminta Pemkab Bogor bertindak tegas sesuai aturan dan bekerja cepat memperbaiki jalan rusak.

“Kami sangat menyayangkan tidak pedulinya pihak-pihak terkait di dalam persoalan jalan rusak di Leuwiranji Desa Sukamulya. Sikap membiarkan akses jalan itu rusak, sama saja menghambat aktivitas usaha dan ekonomi masyarakat,” tandas Wildan Muholad.

Wildan mengatakan, selain kinerja Dinas PUPR yang kurang sigap di dalam penanganan jalan jembatan, kerusakan jalan – jalan di Rumpin juga akibat faktor lalu lalang truk tronton pengangkut tambang yang isi muatannya melebihi tonase.

Hal ini, lanjut Wildan, menambah kondisi jalan semakin hancur dan resiko kecelakaan bagi pengguna jalan semakin meningkat karena akses jalan ini juga dipakai warga untuk beraktifitas sehari – hari.

Baca juga  Lapas Khusus Gunungsindur Ikuti Acara Pemberian Remisi Anak Dalam Rangka Hari Anak Nasional

“Karenanya kami menuntut Dinas PUPR untuk segera memperbaiki jalan rusak. Menuntut anggota DPRD agar turun ke bawah dan melihat langsung kondisi warga masyarakat. Menuntut petugas kepolisian dan Dishub bertindak tegas dalam hal aturan lalu lintas,” tukasnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top