Dipantau Sabtu (29/11/2019), ini penampakan pelebaran jalan di kawasan Puncak ruas kawasan Gunung Mas, jelang uji coba kanalisasi 2:1 pada 7 Desember 2019.

Ini Penampakan Pelebaran Jalan di Puncak Jelang Uji Coba Kanalisasi 2:1  

BOGOR-KITA.com, PUNCAK –  Ini penampakan pelebaran jalan yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di kawasan Puncak, Bogor. Dipantau Sabtu (29/11/2019), tampak aspal jalan masih hitam dan mulus. Beberapa sisa material masih  teronggok di pinggir jalan

Pelebaran jalan ini menjadi salah satu kendala yang menjadi penyebab gagalnya uji coba kanalisasi 2:1 di kawasan Puncak pada 27 Nopember 2019 lalu.

Kanalisasi 2:1 diuji coba sebagai alternatif mengatasi kemacetan yang sudah kronis di kawasan Puncak Bogor.

Kanalisasi ini merupakan pengganti sistem satu arah atau one way yang sudah diterapkan selama bertahun tahun.

Kanalisasi 2:1 ini sekaligus mengakomodir keluhan warga Puncak yang aktivitasnya terbatasi oleh sistem one way.

Pada sistem satu arah, pada jam sibuk jalur hanya diberikan satu jalur, baik menuju Puncak atau sebaliknya.

Dalam kanalisasi 2:1, jalur puncak tetap berlaku dua arah, di mana pada jam sibuk naik ke Puncak, arus kendaraan menuju ke Puncak diberikan dua jalur, sementara jalur turun dari puncak diberikan satu jalur. Sebaliknya, pada sibuk turun dari Pucnak, diberikan dua jalur ke  bawah sementara ke atas diberikansatu jalur.

Sistem one way beberapa kali dikeluhkan warga sekitar Puncak. Beberapa kali terjadi, warga tidak bisa turun atau naik ke kawasan Puncak karena sistem one way.

Salah satunya terjadi pada Sabtu (29/11/2019) lalu, di mana seorang ibu warga Puncak mengalami darurat melahirkan, terjebak one ketika hendak turun ke RU Ciawi.

Untung Satlantas Polres sigab, kendaraan yang ditumpangi ibu tersebut dikawal ke RS Ciawi.

Pelebaran jalan yang semula menjadi kendala kini sudah dikerjakan. Pelebaran jalan itu berada di ruas kawasan wisata Gunung Mas.

Apakah kanalisasi 2:1 akan diuji coba lagi pada 7 Desember 2019 mendatang akan berjalan sukses? []Anto



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *