Kab. Bogor

Ingin Jadi Ahli Biologi, Masuk IPB University

Mahasiswa Biologi IPB University

BOGOR-KITA.com,DRAMAGA –  Biologi menjadi salah satu ilmu dasar yang berperan penting dalam pengembangan sains dan teknologi dari masa ke masa. Di IPB University, secara khusus Biologi dipelajari dan dikembangkan di Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Kamis (18/2/2021) disebutkan, di departemen ini, biologi  dikaji dari berbagai aspek biologi dasar dan aspek lain terkait dengan aplikasi biologi, seperti bioteknologi, bioprospeksi, botani ekonomi, dan lainnya.

Berdasarkan bidang kajian dan kepakaran para dosen, Departemen Biologi memiliki enam divisi yaitu Mikrobiologi, Mikologi, Fisiologi dan Genetika Tumbuhan, Ekologi dan Sumber Daya Tumbuhan, Fungsi dan Perilaku Hewan, serta Biosistematika Hewan dan Ekologi.

Secara historis, Departemen Biologi, FMIPA IPB University merupakan gabungan dari Bagian Botani, Fakultas Pertanian dan Bagian Zoologi, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB.

“Saat ini program Sarjana dan Pascasarjana Biologi  telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Khusus untuk program sarjana, telah terakreditasi  AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance),” ujar Dr Miftahudin, Ketua Departemen Biologi FMIPA IPB University.

Lebih lanjut ia menerangkan, Departemen Biologi memiliki 43 dosen tetap yang telah memenuhi kualifikasi sebagai dosen karena sebagian besar (91.84 persen) telah lulus sertifikasi dosen. Sedikitnya ada 88.37 persen bergelar doktor dan sebagian besar lulusan perguruan tinggi dari berbagai negara.

Baca juga  Aher Lantik Bupati Bogor Sebagai Ketua Sub PB PON XIX

“Departemen Biologi juga didukung oleh 10 orang guru besar dan 20 orang lektor kepala. Seluruh dosen tetap di Biologi memiliki berbagai bidang keahlian seperti taksonomi, biosistematika, ekologi, fisiologi, genetika, biologi molekuler dan bioteknologi, ” ujarnya.

Departemen Biologi FMIPA IPB University juga menyediakan program sinergi atau fast track yang memungkinkan mahasiswa dapat menempuh pendidikan S1 dan S2 hanya dalam waktu lima tahun. Di samping itu, Departemen Biologi juga memiliki kegiatan pendukung berskala internasional seperti International Summer Course yang dilaksanakan setiap tahun dan International Conference on Biosciences (ICoBio) yang diselenggarakan setiap dua tahun.

“Setidaknya kami sudah memiliki 25 mitra luar negeri dan 41 mitra dalam negeri untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar. Kami juga secara rutin mengadakan guest lecture dengan menghadirkan pemateri dari luar negeri untuk membahas topik biologi terkini,” tambah Dr Miftahudin.

Dr Miftahudin juga menerangkan, bagi mahasiswa yang berkeinginan aktif berorganisasi, dapat bergabung pada Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio). Melalui Himabio, mahasiswa dapat melakukan banyak kegiatan seperti Application of Biology for Community (ABIOTIC), Biology on Farm (Biofarm), Eksplorasi Alam, Biology on Experience, Biology Write and Study on Science dan Lomba Cepat Tepat Biologi.

Baca juga  Tanding Lawan Menristek, Rektor IPB Ungkap Bulutangkis Maju dengan Sains

Dalam rangka pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa juga dapat melakukan berbagai kegiatan di luar kampus sesuai dengan minat dan bakatnya. “Kami akan sangat mendukung mahasiswa untuk ikut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kompetisi di tingkat nasional maupun internasional dan tentunya termasuk pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat nasional,” terang Dr Miftahudin.

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti student exchange (pertukaran mahasiswa), lanjut Dr Miftahudin, Departemen Biologi terlah menjalin kerjasama dengan Kasertsart University, Thailand untuk pertukaran mahasiwa secara rutin setiap tahunnya. Meskipun demikian, mahasiswa yang berkuliah di Departemen Biologi IPB University juga memiliki peluang untuk mengikuti pertukaran mahasiswa ke perguruan tinggi lain di luar negeri melalui Internasional Collaboration Office (ICO) IPB University.

Bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik cemerlang, setelah lulus S1, bisa langsung mendaftar sebagai mahasiswa program doktor di Departemen Biologi melalui jalur  beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Baca juga  Liga Champions: Kejutan! Villarreal Tekuk Muenchen, Arti Hattrick Benzema Ke Gawang Chelsea

Adapun prospek lulusan, Dr Miftahudin menjelaskan lulusan Departemen Biologi IPB University memiliki prospek pekerjaan yang luas. Lulusan biologi dapat bekerja pada berbagai bidang seperti industri makanan, perkebunan, pertanian, kehutanan, maupun peneliti dan dosen.

“Lulusan biologi juga dapat bekerja sebagai peneliti dan conservationist di Non-Government Organization (NGO). Pada bidang kesehatan, prospek lulusan Biologi utamanya sebagai analis kesehatan,” jelasnya.

Beberapa lulusan Departemen Biologi IPB University antara lain Ir Nursani Mona Surya (Presiden Direktur PT Minangga Ogan), Ir Drajat Nugraha (Direktur PT Atrindo Asia Global), Ruri P Arimbi (Founder dan Direktur Utama PT Nectar Natura Karya), Prof Dr Yulin Lestari (Guru Besar Biologi IPB University), Dr Berry Juliandi (Dekan FMIPA IPB University), Dyna Rochmyaningsih (Executive Director di Society of Indonesian Science Journalist), Dr Sri Rahayu dan Yupi Isnaini, M.Si (Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI), Dr Yeti Darmayati (Pusat Penelitian Oseanografi, LIPI) dan Dr Islamul Hadi (Sekretaris Pusat TIK, Universitas Mataram). [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top