Kota Bogor

Info Loker Bogor: 36 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Job Fair IPB University

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University menggelar Job Fair di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) kampus IPB University Dramaga pada 17-18 Mei 2024.

Asisten Direktur Pengembangan Karier dan Kewirausahaan, Rici Tri Harpin Pranata megatakan, Job Fair IPB University 2024 ini merupakan wadah pertemuan antara mahasiswa dan lulusan baru IPB University dengan berbagai perusahaan atau lembaga pengembangan karier.

“Jadi, IPB Job Fair ini diharapkan bisa menjadi tempat para mahasiswa atau lulusan IPB menemukan jalan karier atau pekerjaan, program magang, maupun studi lebih lanjut. Disisi lain event ini juga diharapkan menjadi sarana bagi perusahaan menjaring kandidat pegawai terbaiknya dan Job Fair ini ini juga terbuka untuk umum,” ucap Rici pada Jumat (17/5/2024).

Baca juga  Menteri KKP Luncurkan Mobile Quarantine Service di Bogor

Dalam Job Fair IPB University 2024 ini, terdapat 36 mitra perusahaan dan lembaga lain yang ikut serta. Mereka terbagi menjadi 4 bidang yakni karier profesional (perusahaan), kewirausahaan, akademisi atau peneliti, dan birokrat.

Selain mengunjungi booth-booth perusahaan, lanjut Rici pengunjung IPB Job Fair juga dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan lain seperti webinar series, pameran entrepreneurship, hingga bazzar makanan.

“Kegiatan ini rutin diselenggarakan 2 kali dalam setahun dan selalu diminati hingga ribuan orang. Pada tahun lalu pengunjungnya sampai 4.600-an orang dan ada 1.200 orang yang melamar. Terdapat 209 lowongan pekerjaan. Dari situ ada 20 persen mahasiswa IPB yang terserap,” jelasnya.

Selain digelar secara offline, Job Fair IPB University 2024 juga digelar secara online melalui website jobfair.ipb.ac.id yang akan berlangsung dengan jangka waktu lebih lama yakni 1 bulan hingga Juni 2024.

Baca juga  Liga Inggris: Haaland dan Foden Cetak Hattrick, Bungkam Manchester United

Sementara, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Deni Noviana menuturkan, Job Fair IPB University ini menjadi bagian dari pembinaan karier yang dilaksanakan oleh pihak kampus.

Sejak awal menjadi mahasiswa IPB University, mahasiswa telah mengikuti program talent mapping yang bertujuan untuk mengetahui minat karier mereka.

“Setelah itu mereka akan mengikuti talent pool. Pada tahap ini mereka akan diarahkan pada jalur-jalur karier yang diminati. Jadi IPB Job Fair ini bukan bagian terputus saja, karena pembinaan itu sudah kami lakukan sejak lama. Ada juga talent assesment, sebelum mereka lulus mahasiswa akan diasses lagi untuk mengetahui apakah minat mereka masih sama,” ucap Deni

Baca juga  Arif Satria Menjadi Top Three Lecturers pada Program University Network for Tropical Agricultural (UNTA), Taiwan

Ia menjelaskan, dalam catatannya terdapat 4 kelompok besar karier yang diminati mahasiswa IPB terdiri dari 43 persen profesional, 34 persen entrepreneur (wirasusaha), 14 birokrat (anggota parpol atau dewan), selebihnya menjadi peneliti atau dosen besarannya sekira 7-8 persen. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top