Kota Bogor

Gelar HAN 2021 Secara Virtual, DP3A Kota Bogor Berharap Bisa Menjangkau Lebih Banyak Anak se-Kota Bogor

Ilustrasi

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2021 secara virtual dengan mengusung tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dengan tagline #AnakIndonesiaGembiraDiRumah.

Selain itu, sub Tema di Kota Bogor adalah ‘Anak Kota Bogor, Anak Sehat dan Gembira’.

Kepala DP3A Kota Bogor, Iceu Pujiati mengatakan, pelaksanaan HAN tahun ini berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini dihadapkan dengan tantangan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia yang berimplikasi pada masyarakat, terutama anak sebagai salah satu kelompok rentan terdampak.

“Berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta cenderung meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah,” ucap Iceu, Jumat (23/7/2021).

Berdasarkan tantangan tersebut, maka HAN tahun 2021 ini sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN.

“Tujuan umum penyelenggaraan peringatan HAN adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa,” katanya.

Iceu berharap peringatan HAN 2021 secara online ini bisa menjangkau lebih banyak anak di Kota Bogor.

“Diharapkan peringatan HAN yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 6 Kecamatan di Kota Bogor termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK),” katanya.

Sedangkan tujuan khusus HAN, lanjut Iceu untuk memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dan karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani.

“Tujuannya agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Dengan demikian upaya pembinaan anak perlu pula diarahkan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran akan hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan negara.

“Tujuan lainnya untuk mendorong pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sektor untuk melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khususanak di sektor masing-masing,” paparnya.

Selanjutnya, mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (Idola) 2030. Lalu, menurunkan angka kekerasan terhadap anak. Lalu, meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan. Terakhir, memastikan anak-anak tetap di rumah dan bergembira selama masa pandemi Covid-19.

“Khusus beberapa rangkaian acara yang akan dan sudah diselenggarakan Kota Bogor diantaranya Podcast forum anak Kota Bogor dikemas dengan nama ‘cerita kita’ merupakan program rutin dilaksanakan sebulan sekali sejak Mei 2021,” bebernya.

Lalu, lomba Duta Hari Anak 2021 yang merupakan perlombaan yang bertujuan untuk mempromosikan hak anak secara massive dengan membawakan isu-isu anak di Kota Bogor melalui video singkat.

“Peserta dalam perlombaan ini adalah anak Kota Bogor yang berusia 12-17 tahun,” katanya.

Kemudian, puncak acara yang diselenggarakan pada 31 Juli 2021 akan dilaksanakan audiensi suara anak Kota Bogor bersama wali kota dan Bunda Forum Anak Daerah Kota Bogor.

Terakhir, adalah gerakan Pembagqain paket spesifik merupakan kegiatan untuk membantu anak-anak yang terdampak Covid-19 yang tersebar di 68 kelurahan dengan target paket berjumlah 942 anak.

“Seluruh rangkaian acara HAN 2021 tingkat Kota Bogor merupakan bentuk sinergitas dan kolaborasi pentahelix pemerintah, akademisi, komunitas/ lembaga, sektor bisnis dan mayarakat itu sendiri dalam memenuhi hak anak dan perlindungan anak,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DP3A Kota Bogor, Ana Ismawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra pendukung Peringatan HAN Tingkat Kota Bogor 2021.

Seperti, Forum Anak Kota Bogor (FANATOR) beserta Bunda FAD, Child Fund International bersama Yayasan Warga Upadaya, Gerakan Pakai Masker (GPM, KPAI Kota Bogor, Asosiasi Perusahaan Sayang Anak (APSAI) Kota Bogor, LPPM IPB, alumni 32 IPB, PT. Frisian Flag Indonesia dan BJB.

“Kami ucapkan terima kasih berbagai pihak yang sudah mendukung seluruh rangkaian acara ini,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top