Olahraga

FIFA Sahkan Pemain Belanda Ini Bela Timnas Indonesia

Ezra Walian/ Istimewa

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pemain blasteran Belanda-Indonesia Ezra Walian akhirnya secara resmi sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia, setelah Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mensahkan perpindahan kewarganegaraan Ezra.

Ezra yang lahir di Amsterdam, Belanda pada 22 Oktober 1997, sebenarnya sudah dinaturalisasi dari warga negara Belanda menjadi Indonesia pada 2017.

Akan tetapi, sejak tahun 2019, pesepakbola berdarah Manado itu, tidak dapat berlaga di turnamen atau pun pertandingan FIFA/AFC lantaran FIFA menganggap peralihan federasi Ezra, dari KNVB ke PSSI, belum tuntas.

FIFA mencatat, sebelumnya Ezra sebagai pemain timnas U-15, U-16 dan U-17 Belanda. Hal tersebut sempat membuat Ezra hanya diperkenankan membela timnas Indonesia di ajang nonFIFA seperti, misalnya, SEA Games. Ezra sebelumnya tercatat sebagai pemain timnas U-15, U-16 dan U-17 Belanda.

Baca juga  2 Calon Kepala Desa Parakan Jaya Berebut 7.553 Suara

PSSI kemudian mengirimkan surat permohonan kepada FIFA untuk alih status kewarganegaraan Ezra yang kini memperkuat klub Persib Bandung.

PSSI melalui Sekretaris Jenderal Yunus Nusi, Senin (14/6/2021), memastikan Ezra dapat memperkuat tim nasional Indonesia di laga maupun turnamen resmi naungan FIFA. Menurut Yunus, hal itu sesuai dengan keputusan Komite Status Pemain FIFA dalam surat yang diterima PSSI pada Senin (14/6/2021).

“Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima dan dia berhak memiliki kesempatan membela skuad timnas Indonesia di turnamen apapun,” jelas Yunus. [] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top