Geber pencetakan 70.000 e-KTP

Disdukcapil Kota Bogor Geber Cetak 70 Ribu KTP-el

BOGOR-KITA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggeber pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang sudah berstatus Print Ready Record (PRR) atau siap cetak selama 24 jam. Tercatat, lebih dari 70 ribu KTP-el yang belum dicetak sejak tahun 2018 akibat terbatasnya persediaan blanko KTP-el, namun blanko yang tersedia hanya 40 ribu.

Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Disdukcapil Kota Bogor, Mugi Lastono menerangkan, dari jumlah lebih dari 70 ribu KTP-el tersebut ada 37 ribu yang sudah berstatus PRR yang 90 persennya merupakan warga yang baru merekam (Bio Capture) KTP-el atau pemula dan sisanya belum PRR karena harus menunggu verifikasi (penunggalan data) pusat .

“Jadi saat ini kami terus melakukan pencetakan (KTP-el) yang sudah berstatus PRR selama 24 jam. Dalam sehari kami bisa mencetak kurang lebih 2 ribu KTP-el,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/1/2019).

Namun kendala saat ini kata Mugi adalah keterbatasan blanko yang hanya ada 40 ribu blanko mengingat kebutuhannya ada 70 ribu blanko. Jika sudah habis pihaknya akan kembali mengajukan permohonan ke Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Kemarin memang Pemkot Bogor minta 70 ribu blanko ke Dirjen Dukcapil, tapi baru diberi 40 ribu blanko karena permintaannya tidak hanya dari Kota Bogor saja, daerah lain pun sama,” terangnya.

Saat ini Disdukcapil Kota Bogor sedang memetakan kategori prioritas cetak (PRR) dan data yang melakukan perubahan data. Setiap harinya ada lebih dari 150 warga yang baru melakukan perekaman data.

Bagi warga yang sudah melakukan perekaman data (baru merekam) di Kota Bogor bisa mengecek langsung status KTP-el di website Disdukcapil Kota Bogor apakah sudah dicetak atau belum http://disdukcapil.kotabogor.go.id/v1/ektp/cek_cetak . Bisa juga langsung mendatangi kantor Kecamatan masing-masing.

“Kalau statusnya sudah tercetak berarti sudah bisa langsung diambil di Kelurahan dengan membawa suket (surat keterangan), tapi yang perubahan data  tidak bisa mengecek di website karena masih tahap identifikasi,” ujarnya.

Pihaknya juga sedang memonitoring pembagian KTP-el yang sudah dicetak ke warga. Namun ia belum bisa merinci KTP-el yang sudah tercetak mengingat proses pencetakan masih terus berlangsung. [] Admin/Humpro Kota Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *