Kab. Bogor

Dipimpin Ade Yasin – Iwan Setiawan, Kabupaten Bogor Kini Nihil Desa Tertinggal

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Pada masa kepemimpinan Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan, kini Kabupaten Bogor nihil desa tertinggal. Itu berdasarkan Indeks Desa Membangun Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Tahun 2021.

Sebelumnya hanya tersisa 4 desa tertinggal di Kabupaten Bogor pada tahun 2020. Pada tahun 2019 dari 416 desa di Kabupaten Bogor ada sebanyak 45 desa tertinggal. Sekarang pada tahun 2021 jumlahnya nol.

Ini berarti dalam kurun waktu dua tahun terdapat 45 desa naik kelas dari desa tertinggal menjadi desa berkembang.

“Ada kabar baik di tengah konsentrasi pemerintah daerah mengendalikan Covid-19 melalui PPKM. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengeluarkan rilis resminya yang menyatakan bahwa Kabupaten Bogor tahun ini nihil desa berstatus tertinggal,” ujar Ade Yasin, Kamis (29/7/2021).

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: 12 Positif, 26 Sembuh 

Indeks desa membangun membagi desa menjadi lima tingkatan, yakni mandiri, maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal.

Ade Yasin menjelaskan pada tahun 2020 lalu masih ada 4 desa tertinggal dan kini keempatnya naik status menjadi desa berkembang. Tidak hanya itu, status desa lainnya juga mengalami kemajuan. Desa mandiri dari tahun lalu berjumlah 29 desa bertambah menjadi 48 desa. Desa berstatus maju dari 131 desa menjadi 188 desa. Dan desa berkembang dari 252 desa kini tinggal tersisa 180 desa.

Ade Yasin memang fokus membangun Kabupaten Bogor dari desa. Salah satunya dia mempunyai program bantuan 1 desa Rp1 miliar atau Samisade.

“Membangun desa sudah menjadi prioritas kami, karenanya ada beberapa program penunjang yang dari awal sudah kita gulirkan, seperti bantuan sewa toko, bantuan peralatan UMKM, bantuan bibit budi daya ikan, bantuan pertanian dan program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE),” ujar Ade Yasin yang juga Ketua DPW PPP Jawa Barat.

Baca juga  Bupati Bogor Dinyatakan Negatif Corona

Sambungnya, sejumlah program ini diharapkan akan semakin mengakselerasi pertumbuhan ekonomi desa sehingga ke depan akan semakin banyak desa-desa berstatus mandiri di Kabupaten Bogor. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top