Kab. Bogor

Camat Parungpanjang Luncurkan Samisade di Desa Jagabaya

BOGOR-KITA.com, PARUNGPANJANG – Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang merupakan salh satu program unggulan dari Pemkab Bogor terus berlanjut. Program berupa bantuan keuangan desa ini ditujukan untuk membantu pemerintah desa dalam melakukan pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Di Kecamatan Parungpanjang, program Samisade telah dilaksanakan di semua 11 desa dengan rincian pencairan dana pada gelombang pertama ada 6 desa dan gelombang kedua ada 5 desa. Enam desa pertama sudah sampai pada tahap 100 persen dan lima desa lainnya baru mulai tahap pelerjaan 40 persen.

Demikian diungkapkan oleh Camat Parungpanjang Icang Aliyudin saat hadir dalam kegiatan launching (peluncuran) perdana program Samisade di Desa Jagabaya Kecamatan Parungpanjang.  Program Samisade di desa Jagabaya ini direalisasikan dengan melaksanakan giat pembangunan betonisasi jalan lintas antar desa.

Baca juga  9 Desa di Cisarua Lolos Survei Lapangan Tunggu Pencairan Samisade

“Semua desa yang ada di Kecamatan Parungpanjang telah menerima program Samisade. 6 desa sudah 100 persen, lima desa yang baru mulai adalah Desa Lumpang, Jagabaya, Cikuda, Cibunar dan Dago. Saat ini baru 40 persen, insya Alloh hingga akhir tahun bisa selesai,” ujar Icang Aliyudin, Kamis (16/12/2021).

Camat menjelaskan, jalan yang dibangun melalui program Samisade di Desa Jagabaya adalah jalan penghubung antar desa. Dengan tujuan agar ada akselerasi pembangunan serta membantu upaya peningkatan aktivitas perekonomian bagi warga desa khususnya dan masyarakat luas secara umum.

“Adanya program Samisade ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk pembangunan infrastruktur desa dan bisa meningkatkan ekonomi warga,” tegas Icang Aliyudin.

Baca juga  Baru 70 Desa Ajukan Pencairan Dana Program Samisade

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Jayabaya, Dian Quri menerangkan bahwa dana Samisade yang saat ini diterima oleh Pemdes Jagabaya baru tahap 40 persen. Anggaran dana yang sudah cair itu, dialokasikan untuk giat betonisasi jalan dengan volume panjang 180 meter lebar 3 meter dan tinggi 0,2 meter.

“Titik kegiatan program Samisade ini berada di Kampung Ciresek RT 02 RW 05 Desa Jagabaya. Pekerjaan dilakukan dengan sistem padat karya tunai desa. Kami atas nama Pemdes dan semua warga Desa Jagabaya sangat berterima kasih kepada Ibu Bupati Bogor atas adanya program Samisade ini,” ucap Sekdes Dian Qury. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top