Kota Bogor

Bus Kita Trans Pakuan Mengaspal, 30 Angkot Direduksi

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sebanyak 30 angkutan perkotaan (Angkot) direduksi atau dibesituakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Penghancuran angkot tersebut hasil konversi 3:1 dan sebagai persiapan mengaspalnya Bus Kita Trans Pakuan  program Buy The Service (BTS) Kota Bogor yang akan diujicobakan pada Selasa (2/11/2021) besok.

“Jadi program konversi ini esensinya mengurangi angkot, tiga angkot jadi satu bus. Besok akan beroperasi 10 bus di koridor lima untuk secara bertahap 49 bus,” ungkap Bima kepada wartawan usai penghancuran angkot di parkiran GOR Pajajaran, Kota Bogor, Senin (1/11/2021).

Bima mengatakan, sebanyak 10 bus ini menggantikan 30 angkot dan untuk 30 angkot tersebut datanya dimiliki Dishub Kota Bogor.

Baca juga  Wakil Walikota Bogor: PSBB Sebaiknya Dilakukan Serentak se-Jabodetabek

“Ya, untuk angkot ini ada yang diplat hitamkan sehingga tidak boleh beroperasi lagi. Ada juga yang dibesi tuakan seperti ini,” katanya.

Bima menjelaskan, nantinya ada sekitar 147 angkot tidak lagi beroperasi di Kota Bogor, angkot tersebut diganti dengan bus BTS.

“Jadi datanya jelas, satu bus menggantikan tiga angkot dengan data plat nomor yang jelas. Dua pengemudi bus ini nanti pengemudi angkot direkrut dengan ada syarat tertentu, yaitu usia, sim B1 kemudian Pendidikan. Tapi kami akan bantu mudahkan bagi sopir angkot yang mau jadi sopir BTS,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo menjelaskan, tahun kemarin, pihaknya sudah reduksi dua angkot jadi satu angkot sebanyak 121 unit. Rencana kan saat ini tahun 2021 sebanyak 147 angkot, total jadi 268.

Baca juga  Pertama di Indonesia, Disdukcapil Kota Bogor Launching Layanan Drive Thru

“Sehingga sisanya angkot ada 3.144 unit dari awalnya 3.421,” singkatnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top