Kab. Bogor

Bupati Bogor Dampingi Presiden Tanam Vetiver di Sukajaya

BOGOR-KITA.com, SUKAJAYA – Bupati Bogor Ade Yasin dampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)  menanam puluhan ribu akar wangi atau vetiver di wilayah terdampak bencana di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020).

Ade Yasin menjelaskan, bibit akar wangi yang memiliki akar kuat akan ditanam di setiap lereng dan tebing desa yang ada di Kecamatan Sukajaya, dengan harapan dapat mencegah terjadinya longsor.

Tidak hanya tanaman akar wangi, tetapi juga ditanam pohon buah-buahan di lahan datar, sehingga ketika berbuah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Selang-seling, untuk di tebing ditanam akar wangi, sedangkan di lahan datar ditanam buah-buahan supaya bisa diambil manfaatnya untuk masyarakat,” kata Ade Yasin.

Baca juga  Ini Pemenang Pilkades Serentak Di 7 Desa Di Kecamatan Cibungbulang

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan, khusus di Kecamatan Sukajaya, tahap pertama telah disiapkan 92.000 tanaman untuk ditanam di atas lahan yang berada di Desa Madang Pasir. Puluhan ribu tanaman itu ada yang berfungsi ekonomi dan perbaikan ekologi atau ekosistem.

“Saya beri contoh di Sukajaya, tahap pertama kita siapkan kurang lebih 92.000 tanaman, antara lain tanaman yang bermanfaat secara ekonomi, seperti jengkol, durian, sirsak, pete, sengon. Tapi ada juga yang fungsinya untuk perbaikan ekologi, perbaikan ekosistem yaitu vetiver, sereh wangi yang akarnya bisa 3-5 meter di dalam tanah. Ini yang akan terus kita dekati dengan cara-cara itu,” jelas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengharapkan pendekatan reboisasi lahan dengan menanam pohon, maka masalah banjir dan longsor dapat terselesaikan. Tidak hanya di Sukajaya, tetapi juga di daerah-daerah rawan langsor dan banjir.

Baca juga  IPB Bertahan di Posisi 601-800 pada THE WUR by Subject 2021

“Tapi untuk yang lebih luas ya kita siapkan lagi dalam jumlah jutaan tanaman. Seperti tadi yang di tanam di Harkat Jaya, ada lahan yang sudah ditanam vetiver,” ungkap Jokowi. [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top