BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Cegah Katastropik Melalui Senam

BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Cegah Katastropik Melalui Senam

BOGOR-KITA.com – Sedari pagi pukul 06.00 WIB Taman Heulang sudah diramaikan peserta Senam Sehat Kolosal dengan kaos biru mudanya. Kegiatan yang diinisiasi BPJS Kesehatan Cabang Bogor ini serentak digelar di seluruh Indonesia bertujuan untuk mencegah penyakit katastropik dan merupakan bagian dari HUT BPJS ke-50 sekaligus menyambut Asian Games XVIII.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Yerry Gerson Rumawak mengajak masyarakat untuk membiasakan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat yang dampak jangka panjangnya bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia. Katastropik ini merupakan jenis penyakit yang memerlukan biaya tinggi, komplikasi dan membahayakan jiwa.

“Di 2017, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik telah mencapai Rp. 18,4 triliun atau 21,8 % dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai penyakit katastropik sebenarnya sangat bisa dicegah melalui penerapan pola hidup sehat. Bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik, seperti diabetes melitus dan hipertensi masih dapat mengelola resiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN-KIS.

Baca juga  Keluarga Ahli Waris Merestui Nama KH. Muhammad Falak Jadi Nama Jalan R3

“Melalui kegiatan ini kami ingin mempromosikan murah dan mudahnya menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga tidak mudah sakit,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, maka tentunya akan dapat menekan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit agar bisa semakin menurun. Sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif untuk membuat masyarakat tetap sehat.

“Kedepannya kami berharap kesadaran masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dapat meningkat dari waktu ke waktu,” harapnya.[]Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *