Bima: Indonesia Cinta Sehat Siap Membangun Negeri

Bima di RSUD Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Ratusan insan kesehatan di Kota Bogor mengikuti upacara Hari Kesehatan Nasional (KHN) ke-51 Tahun 2015, di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Jl. DR. Semeru pada Kamis pagi (12/11/2015). Upacara dipimpin oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke – 51 mengambil tema “Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri”. Pada upacara ini, Bima menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K).

Kata Bima, peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat di seluruh penjuru negeri agar bangkit dan mulai meninggalkan cara menjaga kesehatan yang bersifat kuratif menuju semangat preventif dan promotif. “Sehingga pesan utama adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit,” sebutnya.

Untuk itu, perlu ada upaya sistematis meningkatkan pengetahuan masyarakat dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan promotif dan preventif melalui berbagai strategi komunikasi dan kampanye. “Salah satunya Kementrian Kesehatan menggelar Aksi CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres). Ini adalah salah satu edukasi yang dilakukan di berbagai tatanan masyarakat mulai dari sekolah, rumah tangga, tempat kerja, tempat ibadah dan tempat-tempat umum,” terang Bima.

Pada saat yang sama, pencegahan penyakit tidak menular diiringi dengan Gerakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) dimana masyarakat di minta aktif datang ke Posyandu, selalu memberikan ASI ekslusif, cuci tangan pakai sabun, memberantas jentik, tidak merokok dan menjaga lingkungan untuk mencegah berbagai timbulnya penyakit menular. “PHBS harus kita masyarakat agar benar-benar menjadi budaya sehat bangsa Indonesia, PHBS hendaknya ditanamkan sejak usia dini agar tumbuh mengakar menjadi budaya bangsa Indonesia,” kata Bima.

Menurutnya, generasi cinta sehat adalah kita semua, bangsa Indonesia dari berbagai usia, bayi, balita, anak, remaja, dewasa dan lansia turut ceria dalam membangun kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.

 “Selain itu juga, jaminan kesehatan nasional merupakan salah satu program Kementrian Kesehatan dalam mewujudkan Revolusi Mental melalui gotong royong dalam pembiayaan kesehatan, sedangkan jaminan kesehatan nasional merupakan solusi untuk menjamin dan memastikan masyarakat kurang dan tidak mampu untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan,” sebutnya.

Bima pun mengajak semua untuk mengikuti rangkaian peringatan HKN ini, untuk mengenang para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani hal-hal yang telah mereka lakukan dan mendoakan mereka serta untuk bekerjasama dalam melaksanakan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *