Bersama Komunitas BCA, Akan Dibentuk Polisi Kebersihan dan Duta Kebersihan

Bersama Komunitas BCA, Akan Dibentuk Polisi Kebersihan dan Duta Kebersihan

BOGOR-KITA.com – Sebuah gerakan mengubah perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan dilakukan Komunitas Bogor Clear Action (BCA). Tak hanya itu, melalui audiensi langsung dengan Walikota Bogor, Senin (13/6/2016) di Ruang Tamu Walikota, tercetus ide baru lainnya. Sebut saja Polisi Kebersihan di setiap taman hingga Duta Kebersihan yang nantinya diemban siswa Sekolah Dasar (SD).
Walikota Bogor Bima Arya mengatakan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Komunitas BCA harus dilakukan dengan formula yang seirama alias jelas. Gerakan yang dilakukan jangan sampai sebatas menghabiskan energi namun malah tidak efektif. Terlebih jika kultur kesadaran membuang sampahnya belum dibangun. Karena itu ide-ide harus kreatif dan fokus.
“Saya inginnya fokus dulu membersihkan taman kota, karena malu jika kota sejuta taman tetapi tamannya kotor,” ujar Bima.
Bima menuturkan, Polisi Kebersihan Taman bisa jadi gerakan yang baik untuk membersihkan taman kota. Selain itu ide membuat Duta Kebersihan di sekolah bisa disinergikan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor. Pemkot akan mensupport apapun ide-ide kreatif dari Komunitas BCA.
“Tinggal membuat surat apa saja yang dibutuhkan nanti bisa dihubungkan ke dinas terkait,” jelas Bima
Sementara itu Inisiator Komunitas BCA Bayu Gautama menuturkan, komunitas BCA sudah berjalan satu tahun di Kota Bogor dengan aksinya berupa Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang dilakukan setiap minggu di kawasan tanpa kendaraan bermotor. Tidak hanya sekadar memungut sampah, hal penting dari gerakan ini yakni dapat mengubah perilaku masyarakat yang masih membuang sembarangan.
“Sampah itu tentang perilaku, jika perilaku warga tidak diubah maka sampah akan semakin banyak,” imbuh Bayu.
Baju menjelaskan, ia bersama relawan BCA lainnya terus melakukan kampanye lingkungan untuk membentuk budaya karakter kesadaran masyarakat tentang sampah. Partisipasi aktif masyarakat juga diperlukan karena sampah merupakan masalah bersama.
“Kedepan harapannya Kota Bogor bisa bersih yang dimulai dari anak-anak muda yang suka kebersihan,” pungkas Bayu. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *