Kab. Bogor

Baru 39 Kepala Desa Sampaikan LPJ Samisade 2021

Rapat evaluasi Samisade 2021

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Saat ini baru 39 desa dari 13 kecamatan yang sudah menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Satu Miliar Satu Desa (Samisade) Tahun 2021. Hal itu terungkap pada Rapat Koordinasi Evaluasi Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Tahun 2021 atau Samisade yang dipimpin Bupati Ade Yasin dan dihadiri seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Selasa (22/3/2022). Ade Yasin pun meminta mereka segera menyampaikan LPJ karena merupakan syarat pencairan Samisade Tahun 2022.

Ade Yasin juga meminta kepada para camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor untuk fokus terhadap tiga program yang ingin dicapai di tahun 2022 yakni, optimalisasi penyelenggaraan program Samisade, peningkatan perekonomian desa melalui Festival Wisata Desa dan Bumdes serta peningkatan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) melalui 9 strategi di Kabupaten Bogor.

Baca juga  Bupati Bogor Terus Bergerak Cegah Penyebaran Corona

Ade Yasin menjelaskan, sebagai implementasi dari Pancakarsa, Pemerintah Daerah memfokuskan pembangunanya di level desa dengan empat strategi yaitu, peningkatan  Sumber Daya Manusia (SDM)  Pemerintahan  Desa melalui  Sekolah  Pemerintahan  Desa, peningkatan perekonomian desa melalui penguatan Bumdes dan festival wisata desa, digitalisasi desa melalui program desa presisi, serta peningkatan  infrastruktur  desa melalui  program bedah kampung, penuntasan jembatan rawayan dan program Samisade.

“Selain pemenuhan infrastruktur desa, program Samisade juga dilaksanakan untuk pemulihan ekonomi dengan pola padat karya. Kita pertegas kalau Samisade lebih baik dikerjakan secara padat karya walaupun nanti ada tim dari luar, itu mungkin hanya satu dua orang saja tapi yang kerjanya itu harus masyarakat desa tersebut,” tegas Ade Yasin.

Bupati Bogor juga menyampaikan, untuk anggaran tahun 2022, tidak akan menurunkan anggaran Samisade bagi desa yang belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban karena pelaksanaan ini bukan hanya meningkatkan ekonomi desa tetapi juga untuk mengurangi pengangguran.

Baca juga  Kabupaten Bogor PSBB sampai 29 September, Ini Daftar Pembatasan

“Saat ini baru 39 desa dari 13 Kecamatan yang sudah menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), sisanya masih proses masuk ke Inspektorat, target kami semua bisa segera  selesai karena untuk menerima bantuan Samisade tahun ini syaratnya harus selesai dulu pelaporannya dengan baik,” jelas Bupati Bogor.

Ia mengaku akan memberikan reward bagi desa yang cepat dalam memberikan LPJ hasil pelaksaanaan program Samisade, salah satunya dengan langsung memberikan pencairan dana Samisade tahap satu.

“Itu reward bagi mereka yang cepat tapi yang lama ya lama juga keluarnya. Jadi kita evaluasi pelaksanaan tahun 2021 agar tahun 2022 bisa lebih.  Tadi penasehat juga kita undang untuk memberikan arahan agar jangan main-main dengan APBD,” bebernya.

Baca juga  Ulama dan Pimpinan Ponpes se-Jabar Kumpul di Hotel Seruni Puncak Bogor

Ade Yasin menyampaikan bahwa, pada prinsipnya Samisade ini dilaksanakan secara swakelola dengan memaksimalkan penggunaan material/bahan dari wilayah setempat, dilaksanakan secara gotong-royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat untuk memperluas kesempatan kerja dan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi desa.

Lanjut Ade Yasin menjelaskan, selain fokus pada pemenuhan infrastruktur dan penguatan ekonomi di level desa. Pemerintah daerah juga fokus mewujudkan wajib belajar sembilan tahun untuk meningkatkan Rata-rata Lama Sekolah (RLS). Untuk itu ia mengajak para Kepala Desa (Kades) dan Camat untuk sama-sama fokus terhadap peningkatan RLS.

Turut hadir dalam kegiatan Rakor Evaluasi Program Samisade yakni, wakil Ketua DPRD, Agus Salim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait, Tim Percepatan Pembangunan Strategis, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor. Hari/Diskominfo Kabupaten Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top