Antisipasi Cuaca Ekstrim, Drainase Se-Kota Bogor Dideteksi Dini

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Drainase Se-Kota Bogor Dideteksi Dini

BOGOR-KITA.com – Antisipasi cuaca ekstrim, saluran drainase yang ada di seluruh wilayah Kota Bogor akan dinormalisasi. Termasuk drainase yang ada di sepanjang Jalan Pengadilan, Bogor Tengah. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan pengecekan langsung ke dalam saluran drainase. Hasil pengecekan, banyak terjadi sedimentasi yang dikhawatirkan akan menghambat volume dan aliran air yang melintas.
Hal itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan pengecekan dan pembersihan saluran drainase di sepanjang Jalan Pengadilan, Bogor Tengah, Selasa (15/11/2016). Pengecekan dilakukan bersama dengan para kepala dinas dan camat serta lurah se-Kota Bogor.
“Jadi kita buka dan cek semua drainasenya termasuk nanti titik-titik lain supaya aliran airnya tidak terhambat, baik oleh sedimentasi maupun sampah-sampah. Dengan begitu aliran air tidak akan tersumbat yang bisa menyebabkan limpasan air ke badan jalan atau bahkan banjir,” terang Bima.
Langkah yang ditempuh itu, dijelaskan Bima, dalam upaya Pemerintah Kota (Pemkot) menghadapi datangnya cuaca ekstrem yang diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hingga awal tahun 2017 mendatang.
“Oleh karena itu semuanya harus siaga terutama di titik-titik yang rawan. Kemudian upaya yang kedua harus dilakukan tindakan fisik untuk melakukan normalisasi. Kalau diperlukan alat berat, dikoordinasikan,” paparnya.
Selanjutnya, ia pun meminta agar pihak-pihak terkait fokus pada titik-titik pelayanan warga seperti di rumah sakit, stasiun, dan terminal. Lantas frekuensi dan jalur-jalur komunikasi juga harus dicek kembali. “Yang terakhir, saya juga meminta semuanya standby di seluruh wilayah Kota Bogor,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *