Bupati Bogor 2018-2023 Hj. Ade Yasin S.H.,M.H.

Ade Yasin Tetapkan Pariwisata Satu dari Tiga Pengungkit Ekonomi

BOGOR-KITA.com – Pariwisata merupakan satu dari tiga pengungkit utama ekonomi Kabupaten Bogor. Dua lainnya adalah  pertambangan dan pertanian. Hal ini tertuang dalam visi misi Ade Yasin – Iwan Setiawan yang terpilih menjadi Bupati Bogor periode 2018 – 2023. Pariwisata diarahkan juga membuka pusat pertumbuhan ekonomi baru di pedesaan Kabupaten bogor.

Tentang pariwisata tercantum dalam misi ke 5 Ade Yasin – Iwan Setiawan. Di situ disebutkan, “Mengembangkan potensi pariwisata dengan membangun objek, sarana dan prasarana pariwisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata.”

Program unggulannya ada tiga. Pertama, mendorong pengembangan dan sinergitas usaha pariwisata BUMD, BUMN, BUMS dengan BUMDES. Kedua, pemanfaatan potensi keindahan alam dan lingkungan, objek wisata serta letak strategis geografi wilayah dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistem. Ketiga, meningkatnya kegiatan MICE (meeting, incentive, conference and exibition) dan kunjungan wisata domestik dan mancanegara.

Kunjungan wisata tahun 2023 ditargetkan mencapai 7,162 juta wisatawan atau naik sekitar 3 juta dibanding kunjungan wisata tahun 2018 sebesar dari 4,69 juta.

Kabupaten Bogor, tidak bisa dipungkiri, adalah salah satu daerah yang kaya dengan objek wisata, baik objek wisata alam, objek wisata budaya, objek wisata minat khusus.

Daftarnya objek wisata itu cukup panjang dan tersebar di hampir seluruh atau 40 kecamatan Kabupaten Bogor.

Di Kecamatan Cisarua, terdapat sejumlah objek wisata. Yakni Taman Safari Indonesia, Wisata Agro Gunung Mas, Telaga Warna, Panorama Alam Riung Gunung, dan Curug Cilember

Di Kecamatan Caringin terdapat Wanawisata Bodogol  dan Taman Rekreasi Lido. Di Kecamatan Tamansari ada  Curug Nangka yang sudah punya nama.

Di Kecamatan Pamijahan bahkan bertebaran objek wisata alam, meliputi Kawah Ratu, Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Air Panas Gunung Salak Endah, Air Panas Ciasmara, Air Panas Gunungsari, Bumi Perkemahan Gunung Bunder, Bumi Perkemahan Pancasila, Telaga Ciputri,  dan Panorama Alam Ciasihan.

Kecamatan Jasinga tidak kalah kaya objek wisata. Di sana terdapat Air Panas Jugalajaya, Air Panas Kembang Kuning, Situ Cikadondong, Situ Jantungeun, Situ Wedana, dan Curug Bandung.

Di Kecamatan Tamansari ada Bumi Perkemahan Sukamantri. Di Kecamatan Rancabungur ada Situ Rancabungur. Di Kecamatan Bojong Gede ada Situ Tonjong dan Situ Kemuning. Di Kecamatan Cigudeg ada Gua Gudawang. Di Kecamatan Cibinong ada Situ Cikaret dan Situ Ciriung.

Di Kecamatan Babakanmadang ada Air Panas Bojong Koneng, Wahana Wisata Gunung Pancar, dan Kawah. Di Kecamatan Ciseeng ada Air Panas. Di Kecamatan Gunung Putri Situ Gunung Putri dan Taman Rekreasi Gunung Putri Indah. Di Kecamatan Cileungsi ada Taman Buah Mekarsari. Di Kecamatan Tanjungsari ada Penangkaran Rusa Giri Jaya.

Objek wisata budaya juga tersebar di berbagai kecamatan.

Di Kecamatan Ciampea ada Desa Wisata, Tapak Kaki Gajah, dan Situs Megalit.  Di Kecamatan Rumpin ada Prasasti Muara. Di Kecamatan Cibungbulang ada Tapak Kaki Purnawarman dan Prasasti Batu Tulis Ciaruteun.

Di Kecamatan Cigudeg ada Kampung Adat. Di Kecamatan Sukamakmur ada Prasasti Batu Tulis Pasir Awi, Taman Budaya, Arca Wisnu, dan Arca Domas.  Di Kecamatan Cisarua ada Taman Budaya

Demikian juga wisata minat khusus tersebar di sejumlah kecamatan. Di Kecamatan Cisarua ada Taman Safari Indonesia dan Wisata Agro Gunung Mas. Di Kecamatan Cigudeg ada Goa Gudawang dan di Kecamatan Cileungsi ada Taman Buah Mekarsari.

Masih terdapat sejumlah objek wisata di Kabupaten Bogor yang merupakan objek wisata buatan. Misalnya di Sentul ada Jungle Land banak lagi.

Keseluruhan objek wisata ini dalam batas-batas tertentu masih terhampar apa adanya. Artinya belum banyak upaya-upaya untuk mengembangkannya atau memperluasnya. Publikasinya dan promosinya juga masih pa adanya, dalam arti belum ada suatu bentuk penulisan secara mendalam tentang hal-ichwal objek wisata itu. Namun demikian, semua objek wisata itu memiliki pesona masing-masing. Oleh sebab itu, cukup meyakinkan jika Ade Yasin menargetkan kunjungan wisata ke Kabupaten Bogor meningkat sekitar 3 juta tahun 20203 menjadi 7,162 juta dari 4,69 juta tahun 2018. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *