Kab. Bogor

Ade Yasin: Pemkab Bogor Terus Berikan Kemudahan untuk UMKM

UMKM
Booth UMKM Kabupaten Bogor di Aeon Mall Sentul City

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Kabupaten Bogor terus memberikan kemudahan dan mengupayakan  kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjual produk dalam negeri.

Penegasan ini dikemukakan Bupati Bogor Ade Yasin menanggapi pernyataan Presiden Jokowi saat membuka Rakernas Kementerian Perdagangan Tahun 2021 dari Istana Negara Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Dalam sambutannya Presiden Jokowi meminta Kementerian Perdagangan menyerukan agar digaungkan, “benci produk luar negeri.” Jokowi juga meminta Kemendag menegur perdagangan digital yang tidak mendorong kemajuan UMKM.

“Kami terus mendukung para pelaku UMKM di antaranya menambah lapak UMKM area luar minimarket di seluruh Kabupaten Bogor. Juga menjual produk UMKM Kabupaten Bogor, termasuk mengampanyekan untuk menggunakan produk lokal seperti sepatu dan lain sebagainya,” terang Ade.

Baca juga  Dekan FE Unpak : Ekonomi Kabupaten Bogor Bisa Tumbuh Agresif

Tentang produk UMKM, Ade Yasin mengatakan, telah bekerja sama dengan Alfamart dan Indomart agar produk-produk UMKM Kabupaten Bogor bisa dijual di gerainya.

“Kami harap minimarket modern lainnya mengikuti jejak Alfamart dan Indomart dalam upaya mengembangkan UMKM di Bumi Tegar Beriman,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin mengapresiasi Aeon Mall yang memberikan kesempatan kepada UMKM kabupaten Bogor berjualan di booth Aeon Mall.

Ade Yasin menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bogor juga terus memberikan pelatihan untuk pelaku UMKM, serta memberikan kemudahan dalam memperoleh perizinan, yaitu para pelaku UMKM yang telah memenuhi persyaratan akan difasilitasi pengurusan perijinannya oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor.

“Hal ini selaras dengan program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Maju. Implementasinya dengan menggerakkan Koperasi dan UMKM,” tandasnya.

Baca juga  Polsek Rumpin Amankan 145 Kantong Miras Oplosan Jenis Ciu

Dalam catatan BOGOR-KITA.com, masih terdapat sejumlah kemudahan yang diberikan kabupaten Bogor terhadap UMKM. Antara lain memberikan peluang istimewa kepada pelaku UMKM yang selama ini berdagang di pinggir jalan di sepanjang jalan kawasan Puncak, untuk berdagang di Rest Area Gunung Mas.

Pemkab Bogor juga menyediakan gerobak untuk UMKM yang bedagang di objek wisata di Kabupaten Bogor.  [] Hari/Diskominfo

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top