Hukum dan Politik

Achmad Ru’yat Diprediksi Lolos DPR RI

Achmad Ru’yat

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Calon Anggota Legistlatif DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) No Urut 1 Dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor Achmad Ru’yat diprediksi bakal lolos ke senayan. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus).

Survei dilakukan dengan metode tatap muka dan dilakukan pada 22 – 28 Januari 2024. Survei ini melibatkan sebanyak 2.439 responden yang merupakan warga Kabupaten Bogor.

Sementara instrumen survei menggunakan kertas suara. Survei ini memiliki margin of error 2 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 98 persen.

Peneliti LS Vinus, Yusfitriadi, menyebut Achmad Ru’yat yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat diuntungkan dengan nomor urut 1 nya di kertas suara.

Baca juga  Reses di Gunungsindur, Atma Tegaskan Komitmen Bela Masyarakat

Dalam survei itu, Achmad Ru’yat mengumpulkan sebanyak 36,84 persen persen suara.

Selain Achmad Ru’yat berikut nama nama yang diprediksi bakal lolos ke Senayan dari Dapil Jawa Barat V.

Fadli Zon, Mulyadi, Adian Napitupulu, Asep Wahyuwijaya, Primus Yustisio, Ravindra Airlangga, Tommy Kurniawan, Elly Rachmat Yasin dan Marlyn Maisarah.

Elly Rachmat Yasin dan Marlyn Maisarah disebut bakal memperebutkan kursi ke 9 DPR RI Dapil Jawa Barat V.

Sementara itu, sebanyak 7,31 persen responden belum menentukan pilihan sementara 8,10 persen lainnya memiliki partai pilihan yang lain.

“Persentase di atas merupakan jumlah DPT yang direpresentasikan oleh suara responden. Yang menggabungkan suara partai dan suara caleg yang berjumlah 2.439. Setelah depresentasikan jumlah suara tersebut dikonversi kepada perolehan kursi masing-masing partai politik dengan menggunakan teori sainte lague. Formulasi itu sama dengan yang digunakan oleh KPU pada pemilu 2019 dan pemilu 2024,” ujar Yusfitriadi.

Baca juga  Pentingnya Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Yang Menyenangkan

“Dengan persentase perolehan suara tersebut, ada tiga partai yang berpotensi berebut kursi ke 9, Partai Gerindra, PPP dan PDIP, walaupun PDIP untuk kursi ke 9 masih terlalu jauh. Sehingga jika partai Gerindra yang mampu memperebutkan kursi ke 9 tersebut maka Gerindra berpotensi memiliki 3 kursi. Jika PPP tidak masuk PT, otomatis tidak bisa menempatkan wakilnya di DPRRI,” tutup Yusfitriadi. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top