Kab. Bogor

6 Pusat Kesehatan Hewan di Kabupaten Bogor Disiapkan Untuk Pantau Perdagangan Hewan Kurban

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor akan memaksimalkan 6 Pusat Kesehatan Hewan di 6 wilayah menjelang idul Adha untuk memantau lalulintas perdagangan hewan ternak antar daerah terutama hewan kurban.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor, Hardi Hendriawan menjelaskan upaya preventif dari dinas hingga saat ini masih dilakukan, bahkan, pihaknya membuka pos pengaduan bagi konsumen atau pedagang yang menemukan adanya gejala penyakit hewan seperti PMK atau lato lato yang kini menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

“Ada 3.300 ekor lebih hewan ternak yang berdasarkan data tahun sebelumnya yang diperjualbelikan setiap jelang Idul Adha untuk kebutuhan Kurban,” ujar Hardi Hendriawan, Rabu (14/6/2023).

Baca juga  Terpenjara Pikiran Sendiri

Namun, dari sejumlah lapak dan pasar hewan yang telah dikunjungi belum ditemukan laporan terjadinya wabah penyakit hewan dimaksud.

Lanjut dia, pengecekan hewan dilakukan sejak H-30 dan pada H-1 hingga hari H hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Nanti tim Diskanak Kabupaten Bogor, 50 mahasiswa IPB juga sejumlah tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat akan melakukan pemantauan langsung dan edukasi di lapangan serentak di 6 wilayah yang ada,” tandasnya. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top