Ridwan Kamil pada Penutupan Pendidikan Dasar Wanadri 2018, dan Pelantikan Anggota Muda Wanadri, di Lapangan Upacara Situ Lembang, Desa Karyawangi, Kabupaten Bandung, Minggu (27/1/2019).

Ridwan Kamil Anggota Kehormatan Wanadri

BOGOR-KITA.com –  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, didapuk sebagai Anggota Kehormatan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, Wanadri.

“Saya merasa sangat terhormat karena ada atau tidak ada status sebagai Anggota Kehormatan, dukungan saya kepada Wanadri akan tetap,” ungkap Ridwan Kamil pada kegiatan Penutupan Pendidikan Dasar Wanadri 2018, dan Pelantikan Anggota Muda Wanadri, di Lapangan Upacara Situ Lembang, Desa Karyawangi, Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung, Minggu (27/1/2019).

Wanadri, kata Emil panggilan karib Gubernur, tidak hanya harus luar biasa bagi diri atau kelompok saja, tetapi harus juga bermanfaat bagi masyarakat.

Emil mengutarakan alam Jawa Barat yang sangat Indah. Tapi di balik keindahan itu mengandung pola pergerakan alam yang mencari keseimbangan, sehingga sering terjadi yang manusia sebut sebagai bencana.

“Setiap tahun bisa sekitar 1.500-an kebencanaalaman di Jawa Barat terjadi. Salah satunya longsor, 500-an lainnya banjir, sisanya angin puting beliung dan kebakaran,” ungkapnya.

Emil pun ingin Wanadri menularkan ilmunya kepada masyarakat agar dapat tangguh beradaptasi terhadap kebencanaan. Secara lebih khusus, Emil meminta Wanadri turut serta dalam merancang “West Java Resilience Culture Blue Print” untuk mengedukasi masyarakat bagaimana menghadapi dan menyiasati bencana.

“Tolong kami diberi ilmu untuk memberi nasehat dan mengambil keputusan, agar terjauh dari bencana karena kurang ilmu,” pinta Emil.

Emil pun memberi contoh masyarakat Jepang yang juga adaptif dengan situasi geologis serupa.

“Kita ingin melahirkan peradaban yang adaptif terhadap takdir geologis ini. Budaya tanggap bencana, budaya menyiasati bencana, dan budaya menghindari bencana,” katanya. [] Admin/Situs Pemprov Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *