Mark Zuckerberg

10 Terkaya di Dunia Teknologi Versi Forbes, CEO Facebook No 4

BOGOR-KITA.com – Sama seperti tahun sebelumnya, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia. Namun yang berbeda, Forbes kali ini membuatnya tampil lebih interaktif untuk memudahkan pencarian berdasarkan kategori yang diinginkan.

Dalam daftar terbaru, dua nama yang sudah tidak asing masuk sebagai orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos dan Bill Gates, kembali tampil. Keduanya berada di posisi pertama dan kedua.

Berikut ini adalah daftar 10 orang terkaya di bidang teknologi seperti dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019).

  1. Jeff Bezos

Kekayaan Jeff Bezos diperkirakan mencapai USD 131 miliar. Jumlah itu tidak lepas dari kontribusi Amazon, perusahaan yang didirikannya pada 1994.

Pada 2018, Amazon berhasil mencatat pemasukan USD 230 milior dan mencetak rekor keuntungan hingga USD 10 miliar. Jumlah itu naik USD 3 miliar dari tahun sebelumnya.

  1. Bill Gates

Nama Bill Gates harus diakui sudah sering menyandang predikat orang terkaya di dunia. Predikat itu pun kian lengkap karena dia dikenal sebagai orang yang dermawan.

Bersama sang istri, Melinda, mereka mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, badan amal swasta terbesar di dunia. Tidak hanya itu, dia juga mendorong pengembangan teknologi ramah lingkungan atau terbarukan.

  1. Larry Elison

Co-founder Oracle ini menjadi orang ketiga terkaya di bidang teknologi dengan nilai kekayaan USD 62,5 miliar. Pada 2014, dia berhenti menjadi CEO Oracle, tapi masih menjadi ketua dewan direksi perusahaan sekaligus chief technology officer.

Ellison kini juga bergabung dalam dewan direksi Tesla pada 2018. Hal itu dilakukan setelah dia membeli saham perusahaan tesebut senilai USD 3 juta awal tahun lalu.

  1. Mark Zuckerberg

Usai skandal penyalahgunaan data, kekayaan Zuckerberg sempat dilaporkan mengalami penurunan. Kendati demikian, hal itu tidak mengubah posisinya sebagai salah satu petinggi perusahaan teknologi dengan kekayaan tertinggi.

Untuk itu, salah satu prioritas Zuckeberg untuk Facebook tahun ini adalah menangkal permasalahan sosial yang mungkin disebabkan oleh platform besutannya tersebut.

  1. Larry Page

Larry Page kini menduduki pimpinan Alphabet, perusahaan induk Google. Tidak hanya itu, dia memimpin divisi kesehatan Calico dan divisi home appliance Nest.

Page yang kini memiliki kekayaan USD 50,8 miliar sempat memimpin sebagai CEO Google hingga 2001. Setelahnya dia menjabat sebagai president of product, sebelumnya akhirnya memimpin kembali sebagai CEO pada 2011.

  1. Sergey Brin

Sergey Brin kini menjabat sebagai President Alphabet, perusahaan induk Google. Sebelumnya, dia juga memimpin divisi Google X yang mengembangkan Google Glass.

Dia bersama Larrya Page membentuk perusahaan mesin pencari Google pada 1998. Google lalu go public pada 2004 dan membentuk perusahaan induk, Alphabet, pada 2015.

  1. Steve Ballmer

Steve Ballmer merupakan salah satu mantan CEO Microsoft yang paling lama. Dia memimpin perusahaan tersebut sejak 2000 hingga 2014.

Ballmer juga salah satu karyawan di awal-awal dirintisnya Microsoft. Kini, dia telah pensiun dari Microsoft dan memiliki tim basket NBA Los Angeles Clippers.

  1. Ma Huateng

Ma Huateng (yang dikenal sebagai Pony Ma) merupakan cofounder dari Tencent, perusahaan teknologi asal TIongkok. Tencent merupakan pembesut WeChat yang kini memiliki pengguna lebih dari 1 miliar.

Ma kerap dibandingkan dengan kepopuleran pendiri Alibaba, Jack Ma. Namun, Ma dianggap lebih low-profile, mengingat latar belakangnya yang seorang insinyur.

  1. Jack Ma

Mantan guru bahasa Inggris ini kini sudah menjelma menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan, Alibaba kini menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia.

Saat ini, Ma baru mengumumkan mundur dari ketua dewan direksi Alibaba pada tahun ini. Dia akan digantikan oleh CEO Alibaba saat ini, Daniel Zhang.

  1. Michael Dell

Michael Dell merupakan chairman dan CEO Dell Technologies, yang dibentuk pada 2016 usai Dell bergabung dengan EMC. Bergabungnya Dell dan EMC disebut-sebut menjadi akuisisi terbesar di dunia teknologi.

Kekayaan Dell diperkirakan mencapai USD 34,3 miliar. Dell mendonasikan USD 1 miliar untuk yayasan yang didirikannya pada 2017. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *