Kegiatan mengajar urban sakola

Urban Sakola Kenalkan Kearifan Lokal Sejak Dini

BOGOR-KITA.com – Semangat mengajar berbasis kearifan lokal sejak dini mendasari komunitas Urban Sakola untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak di setiap sekolah ataupun desa di Bogor. Tujuan dari program ini adalah membangun pendidikan yang berbudaya.

Heru salah satu pengajar Urban Sakola saat ditemui BOGOR-KITA.com di SDN Pasir Bagade Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Sabtu (17/11/2018) mengungkapkan bahwa dari kegiatan ini diharapkan anak-anak sadar dan cinta terhadap budaya sendiri dan tidak ingin mereka sebagai  penerus bangsa ini tidak mengenal budaya daerahnya sendiri, khususnya budaya Sunda.

“Proses pengenalan budayanya sendiri bisa melalui pelajaran sejarah, cerita rakyat, belajar alat musik tradisional seperti Angklung ataupun mengenalkan mereka bagaimana cara menulis aksara Sunda,” jelas Heru.

Hal senada juga dikatakan oleh Ace selaku wakil ketua Urban Sakola bahwa pembelajaran budaya Sunda ini tidak terpaku di sekolah saja, akan tetapi mereka melakukan pengabdian juga di desa-desa di wilayah Kabupaten Bogor.

“Tahun ini adalah tahap ke-15 sejak dibentuknya Urban Sakola pada Januari 2015. Program ini tidak terpaku di sekolah-sekolah tapi juga ke desa-desa terpencil. Dalam satu tahun akan ada tiga sekolah dan satu desa di mana kami akan mengabdi. Di akhir kegiatan akan ditutup dengan pementasan anak-anak dan bakti sosial,” kata Ace. [] Nuning Rachmawati



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *