Laporan Utama

Tunggu Vaksin, Herd Immunity Bisa Korbankan 30-40 Juta Orang

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Tunggu vaksin. Herd immunity terlalu mahal karena bisa mengorbankan 30-40 juta orang.

Hal ini diungkapkan Dr Zhong Nanshan, pulmonolog atau ahli paru yang juga Kepala Penanggunalangan Pandemi Covid-19 Cina, Senin (8/6/2020) seperti dikutip dailymail.co.uk.

Dr Zhong Nanshan yang dikenal di Cina sebagai pahlawan perang melawan corona, mengatakan, temuan vaksin virus corona (Covid-19) akan bisa digunakan mulai musim gugur atau sekitar bulan September 2020.

Zhong menegaskan,  pandemi virus corona harus ditangani dengan vaksinasi massal, bukan hanya mengandalkan kekebalan tubuh.

Ahli paru ini mengkritisi cara awal yang diajukan pemerintah Inggris yang menerapkan cara melawan virus corona dengan kekebalan tubuh.

Baca juga  Vaksin Covid-19, Ikhtiar Sehat Itu Penting

“Cara semacam ini hanya akan menelan banyak korban,” tegas Zhong.

Menurut Zhong tingkat sukses jika mengandalkan herd immunity sangat kecil, di mana suatu negara perlu memiliki 60 hingga 70 persen dari populasinya untuk terinfeksi guna mendapatkan kekebalan.

“Jika demikian, tujuh persen dari mereka akan mati karena penyakit,” sambung  Zhong.

Menurut Zhong  yang berkerja sama dengan Dr. Jeffrey Koplan, wakil presiden kesehatan global di Universitas Emory, menangani epidemi SARS 2003 ini mengatakan, pendekatan seperti itu dapat mengakibatkan 30 hingga 40 juta orang meninggal, tanpa menyebutkan bagaimana dia menemukan angka-angka itu.

“Itu mengejutkan. Itu terlalu mahal,” katanya.

Zhong menerangkan persoalan ini saat diunggah Baidu pada seminar kesehatan melalui web dengan disaksikan oleh jutaan pemirsa.

Baca juga  Vaksin Covid-19 Segera Tiba: 1 Orang 2 Kali Suntik, Rp440.000

Pakar corona virus yang berusia 83 tahun ini mengatakan, beberapa vaksin yang dikembangkan oleh para ilmuwan Cina bisa siap di musim gugur bagi penggunaan darurat.

“Beberapa vaksin dapat digunakan untuk keadaan darurat mungkin pada akhir tahun ini. Kami percaya pada musim gugur atau musim dingin tahun ini jika mereka diperlukan untuk keadaan darurat,” jelas Zhong yang pada 20 Januari mengonfirmasi dalam wawancara televisi pemerintah Cina, bahwa virus corona dapat menyebar dari orang ke orang, dan memperingatkan publik bahwa virus itu mungkin sangat menular.

Perjalanan waktu vaksin yang diungkapkan oleh Dr Zhong cocok dengan komentar yang sebelumnya dibuat oleh Dr Gao Fu, Direktur Jenderal Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Cina.

Baca juga  Menkes di IPB: Vaksin Bukan Program Individu Tapi Program Sosial

Dr Gao mengatakan pada akhir April bahwa Cina dapat berharap untuk memiliki vaksin yang berhasil untuk penyakit mematikan pada bulan September.

Menurut Dr Gao, untuk mengembangkan vaksin atau obat tertentu, itu selalu membutuhkan waktu. “Karena vaksin akan digunakan pada orang sehat, Anda ingin memastikan vaksin yang Anda kembangkan aman dan efisien,” terangnya. [] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top