Mengenakan kaos berlogo Piala Dunia U-20, Bupati Bogor Ade Yasin menumpang mobil Satpol PP usai melakukan tinjauan lapangan, Jumat (1/11/2019).

Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Bupati Bogor Resmi Minta Dukungan Anggaran dari DPRD

BOGOR-KITA.com – Walau FIFA belum resmi mengumumkan, tetapi Stadion Pakasari di Cibinong, Kabupaten Bogor diyakini akan menjadi satu dari enam venue yang akan digunakan untuk laga Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Selain karena memiliki fasilitas tingkat internasional, Pakansari beberapa kali digunakan untuk perhelatan oahraga berskala internasional.

Tidak ingin berlama-lama, Bupati Bogor Ade Yasin meminta DPRD Kabupaten Bogor memberikan dukungan anggaran.

Permintaan itu dikemukakan Bupati Bogor Ade Yasin secara langsung dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor Penyampaian Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun 2020, di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (31/10/2019).

“Dalam kesempatan ini, perlu disampaikan bahwa Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah piala dunia u-20 tahun 2021. Keputusan ini disampaikan langsung oleh presiden fifa, yaitu Gianni Infantino pada acara FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, China, pada Jumat, 24 Oktober yang lalu. Indonesia berhasil menyisihkan duo Amerika Selatan, yaitu Brazil dan Peru, kata Ade Yasin.

Dikatakan, pasca resmi terpilih, indonesia melalui PSSI menyerahkan daftar 10 stadion kepada FIFA untuk menggelar pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-20, dan kita sebagai masyarakat Kabupaten Bogor patut berbangga, sebab salah satu venue yang akan digunakan ialah Stadion Pakansari, Cibinong. 

Berdasarkan hal itu, maka Pemerintah Kabupaten Bogor harus segera berbenah dan mempersiapkan event dua tahunan tersebut, yang konsekuensinya perlu ada dukungan anggaran dalam APBD Tahun Anggaran 2020 yang harus disiapkan untuk mendukung kesuksesan event besar tersebut.

“Momentum ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai ajang promosi pariwisata dengan branding Kabupaten Bogor sebagai The City of Sport and Tourism,” kata Ade Yasin.

Oleh karena itu, sejalan dengan agenda pembahasan materi RAPBD Tahun Anggaran 2020 perlu disinkronkan kembali mengenai kebutuhan-kebutuhan anggaran yang terkait dengan agenda besar tersebut dalam pembahasan yang akan dilaksanakan dengan DPRD , terutama untuk dukungan anggaran pembenahan arena Stadion Pakansari serta infrastruktur pendukungnya, di antaranya pada anggaran SKD sebagai berikut:

  1. Dinas pemuda dan olah raga, terkait dengan pemeliharaan stadion dan fasilitas pendukung di arena Stadion Pakansari;
  2. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, terkait dengan penataan ruas jalan Sentul – Kandang Roda, pembebasan tanah Underpass Sentul, pembuatan jalur pedestrian Jalan Kandang Roda – Pakansari;
  3. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan terkait penataan dan pembangunan taman di sepanjang Jalan Sentul Kandang Roda dan area Pakansari;
  4. Dinas Lingkungan Hidup terkait dengan dukungan penyediaan sarana kebersihan di sekitar area Pakansari;
  5. Dinas Perhubungan, terkait pemenuhan sarana rambu-rambu lalu lintas penerangan jalan umum (PJU) menuju area venue GOR Pakansari. [] Admin/Hari


Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *