Nasional

Tingkatkan Potensi Sumber Daya Daerah, IPB University Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blora

blora ipb

BOGOR-KITA.com, BOGOR – IPB University menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blora terkait peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya daerah melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nota kesepahaman kerjasama ditandatangani Rektor IPB University, Prof Arif Satria bersama Bupati Blora, Arief Rohman di Agribusiness and Technology Park (ATP), Bogor Jumat (22/7/2022).

Prof Arif dalam sambutannya mengatakan, tahun ini IPB University mempunyai tema Enriched and Empowerment Society, yaitu bagaimana masyarakat bisa mendapatkan banyak added value dari inovasi.

“Dengan adanya tema ini, diharapkan inovasi IPB University dapat memberikan impact langsung kepada masyarakat. Salah satu program khususnya yaitu Dosen Pulang Kampung (Dospulkam),” ucapnya.

Prof Arif menambahkan, IPB University juga berfokus pada technopreneurship dan sociopreneurship, lewat pemanfaatan inovasi untuk kepentingan usaha dan kemajuan masyarakat. Di sisi lain, mahasiswa IPB University juga dilatih untuk mengembangkan kreativitas dengan membuat kanal dan startup baru.

Baca juga  IPB University Terus Kawal Proses Pembangunan Kelautan dan Perikanan

Bupati Blora Arief Rohman menjelaskan, populasi ternak Kabupaten Blora merupakan yang terbesar di Jawa Tengah dengan komoditas sapi potong sebanyak 275.741 ekor. Ia mengungkap, telah ada program yang sudah dijalankan bersama IPB University, diantaranya Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dan program Kedai Reka yang berfokus pada bidang peternakan.

Ia menyebutkan bahwa posisi tingkat kemiskinan Kabupaten Blora di lingkup nasional menempati urutan ke-22. Adanya kerjasama dengan IPB University, ia berharap nantinya dapat membantu Kabupaten Blora dalam mengentaskan pengangguran, kemiskinan serta menjadikan desa yang unggul dan maju.

“Kami belum beruntung karena kemiskinan di Kabupaten Blora masih zona merah. Dengan mengedepankan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, diharapkan IPB University dapat mengurangi semua permasalahan yang ada di Kabupaten Blora” imbuhnya.

Baca juga  Ade Yasin Pastikan Kebutuhan Korban Banjir Gunung Mas Terpenuhi

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Chairman Markplus Institute, Hermawan Kertajaya yang memaparkan gambaran tentang konsep bisnis yang strategis dalam bidang marketing, juga Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati beserta jajaran pemerintah Kabupaten Blora. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top