Kab. Bogor

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Bunar dengan Inovasi Kerajinan Piring Sawit

Kerajinan piring kelapa sawit di Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg

BOGOR-KITA.com, CIGUDEG – Kebun kelapa sawit banyak ditemukan di Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Kelapa sawit hasil produksi Desa Bunar memiliki banyak manfaat. Selain buahnya yang diproduksi menjadi minyak kelapa sawit, masyarakat pun bisa memanfaatkan limbah kelapa sawit yaitu pelepahnya untuk membuat beragama barang yang bernilai ekonomi. Salah satunya adalah piring yang terbuat dari anyaman lidi pelepah kelapa sawit.

Menurut Drs. Pardi, Camat Cigudeg, pelepah sawit ini biasanya hanya menjadi sampah dan dibakar. Namun saat ini lidinya bisa diambil lalu dibersihkan dan menjadi bahan baku untuk membuat piring. “Biasanya piring sawit ini dapat dipasarkan di berbagai lokasi usaha seperti pengusaha catering, hotel, restoran, dan ibu-ibu rumah tangga, karena penggunaan yang praktis, bahannya yang ringan dan tidak memerlukan air untuk mencuci setelah dipakai,” ujar Pardi dalam keterangan persnya Kamis (12/8/2021).

Baca juga  Danlanud Atang Sendjaja Buka Latihan Survival Dasar Sangga Langit

Para pengrajin dan pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Cigudeg diberikan sosialisasi dan bimtek terkait tehnik pembuatan piring sawit termasuk strategi pemasaran. Pendapatan tambahan dari kerajinan ini dirasakan cukup untuk membantu pendapatan warga masyarakat khususnya di Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg.

Melihat peluang usaha yang cukup menjanjikan dari limbah kelapa sawit, pemanfaatan pelepah kelapa sawit ini bisa terus ditingkatkan. Tentunya juga perlu muncul inovasi-inovasi baru, tak hanya memproduksi piring anyaman, namun juga peralatan rumah tangga lain yang hampir serupa. Bahkan bisa pula dijadikan sebagai souvenir yang menjadi ciri khas Kecamaatn Cigudeg. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top