Kota Bogor

Tingkatkan Kapasitas SDM, 70 Pelaku UMKM di Kota Bogor Ikuti Mentoring Bisnis Kemitraan 

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Paguyuban Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor menggelar mentoring bisnis kemitraan di ruang serbaguna DPRD Kota Bogor, jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (14/12/2021) .

Kegiatan mentoring bisnis kemitraan ini diikuti 70 perwakilan pelaku UMKM di enam kecamatan di Kota Bogor.

Ketua paguyuban UMKM Kota Bogor, Kushermayanti mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan mentoring bisnis kemitraan ini adalah pihaknya ingin adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di UMKM, sehingga usaha para oelqku UMKM lebih berkembang terutama di saat pandemi Covid-19 saat ini.

“Kegiatan ini juga dalam rangka sharing dengan pengalaman yang mereka miliki, sehingga dapat mengetahui kondisi usaha mereka saat ini seperti apa,” ucap Yanti kepada awak media.

Baca juga  Peserta Lelang Jabatan Masuki Tahap Psikotes

Yanti menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya juga ingin mengembangkan usaha para pelaku UMKM di Kota Bogor dengan sarana yang mereka miliki. Selain itu, kata Yanti pihaknya juga menyampaikan aspirasi para pelaku UMKM di Kota Bogor kepada anggota DPRD agar kebutuhan pelaku UMKM bisa direalisasikan oleh wakil rakyat tersebut.

“Kita juga menyampaikan aspirasi kita kepada anggota DPRD, apa kebutuhan UMKM saat ini, mungkin bisa dituangkan dan di realisasikan kedepannya,” kata Yanti,

Sementara, bidang peningkatan kapasitas SDM Paguyuban UMKM Kota Bogor, Syaiful Zaman Tawakal menuturkan dalam kegiatan ini pihaknya membahas tentang penguasaan bisnis para pelaku UMKM. Dalam materi yang disampaikan dalam kegiatan ini bagaimana pelaku usaha menguasai usahanya sendiri mulai dari keunggulan produknya, SDM-nya seperti apa, modalnya kaya gimana, customer yang mereka tuju itu seperti apa. “Jadi mereka harus benar-benar menguasai usahanya sendiri sehinga mudah dalam menjalankan usahanya,” ungkap Syaiful.

Baca juga  Pemerintah Pastikan Program BLT UMKM Dilanjutkan pada 2021  

Dengan menguasai produk yang dimiki oleh para pelaku UMKM, lanjut Syaiful diharapkan pelaku UMKM mempunyai perencanaan usaha mereka itu kedepan.

“Sebetulnya mentoring ini lebih kepada membangun minset dari yang tadinya terpuruk, sehingga dengan adanya mentoring ini para pelaku UMKM bisa semangat kembali, karena saya lihat UMKM saat ini sudah ada geliat dari masyarakat,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top