Pendidikan

THE Golden Age University Ranking Tempatkan IPB University di Posisi Top 201-250 Dunia

BOGOR-KITA.com – IPB University berada pada posisi Top 201-250 Dunia dalam Times Higher Education (THE) Young University Rankings 2019 yang diumumkan pada 25 Juni 2019. Perangkingan ini merupakan bagian dari Times Higher Education World University Ranking (THE-WUR) yang diberikan untuk Perguruan Tinggi di dunia yang didirikan pada periode tahun 1945 – 1967.

Rektor IPB University, Dr Arif Satria, mengatakan bahwa metodologi pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga independen tersebut menginjak tahun kedua dan secara hasil IPB University memperlihatkan kinerja yang sangat baik, baik pada level nasional maupun global. “Alhamdulillah, posisi IPB tahun ini masuk dalam ranking 201 – 250 versi THE Golden Age University Ranking. Selamat kepada seluruh sivitas akademika, semoga prestasi ini dapat kian memacu semangat kita untuk berkinerja lebih baik lagi  ke depan,” ujarnya. 

Baca juga  Ridwan Kamil Resmikan Kampus IPB Sukabumi dalam Dies Natalis ke-58 IPB University

“Dengan masuknya IPB University pada jajaran universitas global yang tidak hanya fokus pada riset dan pengajaran, tetapi juga kemanfaatan dan dampaknya melalui proses diseminasi program pengabdian pada masyarakat serta hilirisasi inovasi, maka IPB University telah turut serta berkontribusi sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” tambah Rektor IPB.

THE Golden Age University Rankings menggunakan 13 indikator dalam lima kategori yaitu pengajaran (lingkungan belajar mengajar), penelitian (jumlah, pendapatan dan reputasi), sitasi (dampak penelitian), pandangan internasional (staf, pelajar dan peneliti) dan pendapatan industri (transfer pengetahuan). Indikator penilaian yang digunakan sama dengan  indikator yang digunakan dalam THE WUR, termasuk di dalamnya ada indikator yang terkait dengan kinerja IPB University dalam menghasilkan inovasi dan implementasinya dalam industri. Dalam hal ini, kinerja IPB University telah terbukti antara lain dengan diperolehnya Anugerah Widyapadhi tahun 2017 dan 2018.

Baca juga  Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University Gelar Indonesian Veterinary Physiology Quiz Competition

Perangkingan ini melibatkan 271 universitas seluruh dunia, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya berjumlah 200 perguruan tinggi. Hanya tiga perguruan tinggi negeri dari Indonesia yang berada dalam cluster 201-250 yaitu IPB University, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi  Sepuluh November. [] Admin / IPB University

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top