Kab. Bogor

Semarak Lomba 17an Bikin Guyub Lingkungan Puri Bukit Depok Tajurhalang

BOGOR-KITA.com, TAJURHALANG – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia menjadi momentum yang sangat berkesan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, pada kesempatan tersebut, digelar berbagai kegiatan menarik seperti lomba yang diikuti oleh anak-anak hingga orang tua.

“Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia, di lingkungan kami, baik itu di gang atau dasa wisma (Dawis) telah berinisiatif melaksanakan macam-macam lomba untuk warganya,” kata Ahmad Sahroni selaku Ketua Paguyuban Blok AB Perumahan Puri Bukti Depok, Sasak Panjang, Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Rabu (17/8/2022).

Menurut Sahroni, lomba-lomba yang diselenggarakan itu bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang guyub dan kekeluargaan. “Kegiatan dilakukan secara swadaya, baik itu dari materi maupun konsumsi. Walupun dilakukan secara sederhana, tetapi yang penting ada nilai kebersamaannya. Alhamdulillah, partisipasi dan antusiasmenya luar biasa,” tuturnya.

Baca juga  Libur Lebaran, DLH Kabupaten Bogor Tetap Kerahkan Truk Sampah

Di samping itu, kegiatan 17an juga menjadi ajang yang penting untuk mengajarkan anak-anak terhadap rasa nasionalisme dan tidak melupakan sejarah. “Jadi, selain untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kita, anak-anak kita juga diajarkan berkompetisi dengan tetap sportif,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan, di lingkungan Blok AB, pukul 09.00 WIB anak-anak sudah berkumpul dan memulai kegiatan lomba dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Adapun kegiatan lomba yang diadakan, antara lain memindahkan bola, ikan dan berdera, mengisi air dengan sendok, berjalan di atas kardus, makan kerupuk, lomba balap karung dengan helm, memecahkan balon isi air, serta memasukan paku ke dalam botol.

Dengan memanfaatkan barang-barang sederhana bisa menjadi ide lomba yang kreatif dan menarik untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Tidak hanya perlombaan untuk orang dewasa, namun anak-anak juga terlibat dengan permainan yang unik dan menarik.

Baca juga  Gercep, Dishub Pasang Lampu PJU di Jalan Putat Nutug Gerendong

“Selain ajang untuk seru-seruan, lomba 17an ini juga memiliki manfaat yang positif, di antaranya mampu melatih kerjasama tim yang baik, kecepatan, hingga ketepatan,” kata Kanaya Arianty, peserta lomba dari Gang Arjuna.

Naya menambahkan, makna dari kegiatan lomba dalam rangka HUT RI, supaya masyarakat bisa bersatu dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Hal ini wujud dari implementasi nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. “Sesuai dengan tema besar Hari Kemerdekaan RI tahun ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” tandasnya. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top