Kota Bogor

Sekda: Wacana Bangun RSUD Tipe A di Rancamaya Harus Didahului Feasibility Studies

Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati mengakui, wacana pembangunan RSUD tipe A di kawasan Rancamaya akan lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan di wilayah Bogor Selatan.

Syarifah mengatakan, dipilihnya lahan untuk RSUD tipe A di Rancamaya, karena luas lahannya sangat mencukupi, luas nya 5 hektar.

Namun, menurut Syarifah Sofiah, belum ada kepastian mengenai biaya pembangunan.  Harapannya, dibiayai oleh APBN atau ada penawaran pendanaan dari pihak lain.

Untuk itu diperlukan feasibility studies (FS) terlebih dahulu.

“Sebab, kalau misalnya ada penawaran pendanaan untuk rumah sakit, itu harus pakai pra FS, dan itu belum ada,” jelasnya.

Syarifah menjelaskan, dalam pembuatan FS, Dinas Kesehatan (Dinkes) yang akan menjadi leading sektornya.

Baca juga  Cibinong City Mall Edukasi Pengunjung Terkait Corona

Saat disinggung apakah wacana pembangunan RSUD baru itu sudah tertuang dalam revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), ia mengaku belum mengetahuinya.

“Belum tahu, nanti saya lihat lagi. Kalau untuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yang penting pola ruangnya bisa, itu nggak masalah. Tapi sekarang kita belum lihat penempatannya,” katanya.

Lebih lanjut, Syarifah memaparkan, kalaupun wacana pembangunan itu terealisasi, tentu direktur utamanya berbeda dengan RSUD yang ada saat ini.

“Memungkinan beda. Kalau pun dibangun itu kan perlu pra FS. Sekarang sudah ramai seperti mau membangun rumah sakit yang sudah pasti. Ini ramai karena ada pernyataan Dirut RSUD,” tutupnya. [] Ricky

Baca juga  Baru Satu Pendaftar Calon Dirut RSUD Kota Bogor
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top