Adamar Asian Bistro

Satpol-PP Tampik Tudingan Adamar Asian Bistro Jadi Diskotik di Malam Hari

BOGOR-KITA.com – Kasatpol-PP Kota Bogor Heri Karnadi menampik tudingan warga Jalan Binamarga RT 04 RW 11 Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur tentang Adamar Asian Bistro yang berubah menjadi diskotik di malam hari.

“Engga ada itu diskotik karena di sana meja makan semua, cuma memang kemarin ada berita ada performance terkait DJ,” kata Heri Karnadi kepada awak media saat dikonfirmasi, Senin (29/10/2018).

Namun demikian Heri menegaskan, pihaknya akan terus memantau di lapangan, dan menegaskan akan membubarkan live music di Adamar jika tertangkap mengadakan acara yang memanggil Disc Jockey (DJ).

Adamar Asian Bistro bagian dalam (Foto:goggle)

“Kalau kita lihat di lapangan sekarang kan nampaknya akan ada event yang memanggil DJ lagi, nah itu akan kita pantau dan kalau terbukti akan kita bubarkan acaranya tetapi restorannya berjalan seperti biasa karena surat ijinnya lengkap,” tegasnya kepada awak media saat dikonfirmasi, Senin (29/10/2018).

Terkait dengan aduan yang dilayangkan oleh masyarakat di sekitar Adamar Asian Bistro, Heri menyatakan sudah menindaklanjuti sejak lama, karena aduan tidak hanya kali ini saja.

Walikota Bima Arya menyatakan bahwa akan mencabut izin yang ada, kalau memang terbukti adanya pelanggaran di Adamar.

“Izin itu bisa dibatalkan dan dicabut kalau melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor. Apalagi kalau melanggar ketertiban umum, minuman keras (miras) dan disk jockey (DJ) akan kami tertibkan,” tegasnya.

Adamar Asian Bistro. Ada kata bistro, atau kedai ini menggunakan istilah bistro, penggunaan istilah bistro ini mungkin sesuai dengan konsepnya yaitu bistro. Apa itu bistro?  Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) bistro berarti restoran kecil atau restoran sederhana bergaya prancis sering juga disebut bistro sebagai kedai minuman atau bar kecil.

Lalu apa itu bar? Menurut Wikipedia  pada mulanya bar dikenal dengan nama atau sebutan tavern. Bar berasal dari kata barrier yang berarti sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja bar (bartender) dengan tamu.

Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan counter atau dalam bahasa Indonesia disebut konter.

Konter tersebut mempunyai fungsi lain yang dilengkapi dengan kursi tinggi yang disebut bar stools. Bars stools dibuat sesuai dengan keinginan dan selera yang pemilik bar. Di Bar tersebut tamu dapat duduk santai memesan makanan dan minuman yang diinginkannya. Konter juga bertujuan untuk menghindari tamu yang mabuk masuk ke dalam bar dan mengambil minuman yang ada di bar. Dengan memperhatikan dan mengikuti perkembangan yang terjadi hingga saat ini, pengertian bar adalah suatu tempat atau counter yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman, baik yang mengandung alkohol maupun yang tidak mengandung alkohol.”

Menurut sejarah, pada mulanya perkembangan bar berasal dari Amerika Utara. Bar mula-mula dikenal oleh masyarakat pada beberapa abad yang silam, kemudian dikenal dan disukai mengingat sifat-sifat serta suasananya yang lain daripada yang lain.

Pada umumnya orang-orang sangat senang bertemu di bar, berkumpul, membicarakan sesuatu sambil minum khususnya minuman keras. Sesuai dengan perkembangan sekarang ini, bar bukan saja sebagai tempat berkumpul atau sekadar untuk minum-minum, tetapi juga merupakan tenpat hiburan, tempat santai setelah seharian kerja, melepaskan dan menghilangkan ketegangan sambil mendengarkan musik baik secara tidak langsung (melalui kaset, compact disc, piringan hitam) maupun secara langsung dari penyanyi, bahkan tamu dapat berdansa di bar. [] Fadil

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *