Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo dalam pertemuan membahas Naturalisasi Ciliwung di Sekretariat Yayasan Rekam Nusantara, Sempur, Kota Bogor, Senin (5/11/2018).

Rp370 Juta Per Kelurahan di Kecamatan Bogor Timur, Prioritas Naturalisasi Ciliwung

BOGOR-KITA.com – Tahun 2019 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mendapat kucuran dana kelurahan sebesar Rp25 miliar dari pemerintah pusat. Setiap kelurahan diperkirakan akan mendapat bantuan sebesar Rp370 juta yang akan digunakan untuk kegiatan fisik maupun non fisik.

“Silahkan ditentukan sesuai dengan ketentuan dasarnya maupun kegiatan yang mendesak,” kata Camat Bogor Timur, Adi Novan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Timur Tahun 2019 di Aula Kecamatan Bogor Timur, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Selasa (22/1/2019).

Hasil kesepakatannya untuk kelurahan di Bogor Timur yang dilalui Sungai Ciliwung diharapkan menyesuaikan program-program pembangunan naturalisasi Ciliwung.

“Saat ini kita sedang menata bagaimana menormalisasi Sungai Ciliwung. Kalau sudah bagus, kesehatan akan tumbuh di sana dan perekonomian akan bangkit. Jadi saya harapkan bantuan Rp370 juta yang akan diterima kelurahan nantinya dipergunakan semaksimal mungkin, utamanya kita prioritaskan untuk program penataan Sungai Ciliwung,” katanya.

Bantuan dari pemerintah pusat yang akan diterima sifatnya hampir sama dengan bantuan sarana prasarana (sarpras) yang diberikan Pemkot Bogor sebesar Rp125 juta. Untuk itu dalam penggunaanya nanti ia meminta aparatur wilayah bersama masyarakat agar lebih fokus pada dua titik pembangunan sarpras di lingkungan masing – masing.

“Saya mengimbau agar para kelurahan mempersiapkan sumber daya untuk membantu Lurah dalam mengelola bantuan yang akan diterima,” ujar Adi Novan.

Sebelumnya, Adi Novan memaparkan Musrenbang tahun 2017 yang pelaksanaan fisiknya dilakukan tahun 2018, beberapa di antaranya bidang fisik meliputi perbaikan saluran air di 5 kelurahan, perbaikan jalan setapak di 6 kelurahan, pembangunan MCK. Di bidang sosial budaya ada bantuan peralatan kesenian di kelurahan Sindangsari dan di Katulampa pembangunan sarana parkir.

Untuk bidang pemerintahan ada pelayanan administrasi kependudukan, bidang ekonomi berupa pembinaan kelompok tani dalam bentuk  bantuan bibit ikan di kelurahan Katulampa, pembentukan koperasi dan penambahan modal daging dan pembentukan bank sampah di Kelurahan Tajur. [] Admin/Humas Kota Bogor

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *